Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini "Sepeda Motor Lelaki" dari BMW

Kompas.com - 27/05/2014, 16:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Lake Como, KompasOtomotif — Concorso d’Eleganza Villa d’Este yang digelar di Lake Como, Italia, 23-25 Mei 2014, menjadi saksi hadirnya konsep sepeda motor paling "galak" yang dihadirkan BMW Motorrad ke dunia. Konsep tersebut adalah Concept Roadster yang berdesain minimalis dan "telanjang", tetapi diklaim berunsur ultra-modern.

Tampangnya menghadirkan desain futuristik. Namun, bedanya, kali ini lebih ringkas dan simpel sehingga menegaskan kesan kuat tapi ringan dan lincah diajak having fun.

Mesin boxer dua silinder dengan kapasitas 1.170cc siap memuntahkan tenaga 123 PS @7.750 rpm dan torsi 125 Nm @6.500 rpm. Mesin ini dilabur warna hitam dengan aksen huruf ”R” warna kuning. Tenaga didistribusikan ke ban belakang melalui gardan atau mereka sebut driveshaft, dipadu suspensi belakang menggunakan lengan ayun single-side.

BMW Bahan aluminimum khusus membuat penampilannya semakin kinclong.

Aluminium
Di bawah mesin, terdapat semacam spoiler yang dikatakan menambah aerodinamika. Unsur radikal muncul dari bentukan rangka warna biru yang menonjol di antara gelapnya bagian mesin. Rangka itu terhubung dengan sub-frame yang terbuat dari milled aluminium dan menyangga jok serta buntut lancipnya.

Milled aluminum ini juga dipakai untuk air intake, menawarkan warna glossy yang kontras dengan gelapnya radiator. Bahan tersebut juga dipakai untuk penutup katup. Pewarnaan dan gaya dikombinasi dengan pipa gas buang meliuk-liuk dari mesin menuju spoiler dan berakhir di bagian kanan samping atas.

BMW Tampang ringkas dan galak.

Lelaki
Lampu depan full LED, modelnya pipih dan flat yang membawa napas futuristik dan kesan ringan. Instrumen panel juga sederhana. Bagian depan ini semakin berkesan tegas dengan hadirnya suspensi upside down, lalu kaliper rem Brembo yang siap menghentikan laju sepeda motor.

Banyak yang menyebut BMW berhasil menghadirkan sepeda motor yang benar-benar untuk memanjakan laki-laki, mulai dari desain hingga performa. Semua ditampilkan secara seimbang, tidak berlebih, termasuk tenaga yang pas.

Untuk saat ini, Roadster masih konsep. Diprediksi, model ini akan mendampingi varian berkode "R", bukan untuk menggantikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com