Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik India Sambangi Amerika

Kompas.com - 12/05/2014, 18:48 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Ann Arbor, KompasOtomotif - Grup Mahindra coba menjajaki pasar kendaraan roda dua Amerika Serikat (AS). Bukan bersaing dengan "moge" sekelas Harley Davidson atau Victory, tapi justru membidik segmen yang masih relatif belum terjamah, yakni skuter listrik.

Mahindra merasa bangga memperkenalkan Genze di Ann Arbor, Michigan, akhir pekan lalu (10/5/2014). Skuter listrik ini mampu berkendara sejauh 48 km dalam kondisi baterai terisi penuh. Kecepatan maksimumnya cuma 48 kpj. Dengan spesifikasi yang ditawarkan GenZe, konsumen di AS tidak perlu memiliki SIM untuk mengendarainya.

Skuter satu penumpang ini diproduksi di pabrik Mahindra di Michigan dengan kapasitas 9.000 unit per tahun. Jika penjualan bagus, kapasitas bisa dinaikan menjadi 20.000 unit per tahun. GenZe dikembangkan di Palo Alto, California dan didesain sekaligus diproduksi di Ann Arbor, Michigan.

Meski terlihat sederhana, GenZe dibekali panel meter digital, layar sentuh, berukuran 7 inci. Bentuknya mirip tablet mini dengan kemampuan koneksi Bluetooth dan anti air. Berbagai informasi seperti kecepatan, sisa energi baterai, dan jarak tempuh jadi suguhan utamannya. Di India, GenZe sudah diluncurkan sejak September 2013, tapi baru bisa menembus penjualan di AS mulai tahun ini.

Mahindra/indianautosblog.com Bisa menempuh jarak 48 km dalam kondisi baterai penuh.
"R and D"
Untuk memperkuat kehadiran di AS, Mahindra juga meresmikan semacam pusat pengembangan dan penelitan, Mahindra North American Technical Centre. Tujuan utama meresmikan fasilitas ini adalah, "Fokus pada memberikan Mahindra melalui desain produk yang kompetitif, dan teknologi yang menyokong portofolio produk di masa depan".

Fasilitas ini mempekerjakan 40 insinyur dengan kemampuan mendesain kendaraan. Dalam kondisi maksimum, fasilitas ini bisa menampung sampai 125 insinyur dan berkolaborasi dengan seluruh tim pengembangan produk Mahindra di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com