Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahindra Gusur Tata di India

Kompas.com - 23/08/2011, 13:01 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com - Mahindra & Mahindra Ltd berhasil menggusur posisi Tata Motors dari segi nilai transaksi di India yang digenggam sejak Oktober 2008. Pada akhir pekan lalu (19/8), nilai transaksi yang dibukukan Mahindra pada perdagangan naik menjadi 9,22 miliar dollar AS, berada di atas Tata motors yang mencatat 8,86 miliar dollar AS (turun 5 persen).

Surjit Singh Arora, Analis dari Prabhudas Lilladher Private di Mumbai mengatakan, penjualan internasional Tata menyumbang 73 persen dari total pemasukan Grup (holding), atau turun sampai 44 persen dibandingkan tahun lalu. Sedangkan Mahindra juga mengalami penurunan penjualan, tapi tak sedalam Tata, cuma 7-5 persen.

"Tata Motors, melalui Jaguar dan Land Rover punya pasar yang besar di Eropa dan Amerika Utara, tapi situasi ekonomi saat ini masih sulit. Mahindra sepertinya akan memanfaatkan kondisi untuk memperbesar kapitalisasi modal lebih besar dari Tata selama kondisi (tak pasti) ini berlanjut," tulis Surjit.

Mahindra saat ini tercatat sebagai produsen sport utility vehicle (SUV) lokal terbesar di India dan berusaha memperluas jaringan pasar ke luar negeri. Bahkan, Mahindra berhasil mencatatkan keuntungan pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com