Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantong Udara Bermasalah Honda "Recall" Odyssey Terbaru

Kompas.com - 05/05/2014, 10:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Belum setahun meluncur, Honda Amerika mengumumkan kampanye perbaikan massal (recall), terhadap Odyssey terbaru karena ditemukan masalah pada kantong udara bagian samping. Tak kurang dari 24.889 unit akan diperbaiki secara gratis, dan kampanye perbaikan efektif dimulai ketika pengguna mendapat e-mail resmi mulai 16 Mei mendatang.

Dari pernyataan resmi yang dirilis (2/5/2014), Honda akan mengganti shorting coupler, peranti elektronik yang diindikasi bermasalah. Disebutkan, ketika melalui proses pemasangan, alat yang menjaga kantong udara agar tidak mengembang sebelum dipasang ke bodi, diindikasi rusak duluan.

Kondisi ini memicu lampu Supplemental Restraint System (SRS) menyala tanpa sebab yang jelas. Dikhawatirkan, ketika benar-benar terjadi kecelakaan, kantong udara samping ini tidak mengembang karena sudah terdeteksi rusak.

Tidak dilaporkan adanya cedera atau nyawa melayang karena masalah ini. Honda menemukan permasalahan kantong udara sebelum terdapat laporan dari pengguna. Perbaikan komponen elektronik kantung udara ini akan dilakukan gratis di dealer. Belum ada informasi, apakah masalah ini juga menimpa region lain di luar Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com