Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Tengah]

Membuktikan Kokohnya "Kaki-kaki" Avanza di Umbul Sidomukti

Kompas.com - 28/02/2014, 19:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Ambarawa, KompasOtomotif - Dalam perjalanan mengunjungi beberapa pusat wisata di Ambarawa dan Semarang, Kamis (27/2/2014), tim Avanzanation Journey 2014 wilayah Indonesia Tengah harus menghadapi jalur ekstrem di Taman Renang Alam Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Ketangguhan "mobil sejuta umat" kali ini benar-benar diuji langsung oleh alam di kaki Gunung Ungaran.

Jalan masuk ke Taman Umbul Sidomukti ini memang terbilang unik, karena kami harus melalui gang perumahan warga kampung sekitar. Karena gang, artinya jalan yang dilalui cukup sempit, bahkan di beberapa bagian hanya cukup untuk satu mobil. Dari awal gang saja, kontur jalan sudah menanjak dan berliku.
Untung Avanza bisa diajak bergerak lincah menghadapi jalanan yang berkelok-kelok tersebut. Dengan radius putar 4,7 meter, manuver di jalan sempit yang terbatas bisa dilakukan dengan mudah, sehingga perjalanan ke puncak pegunungan Sidomukti jadi lebih seru.

Jalan Rusak
Selama perjalanan menuju lokasi, tim disuguhkan pemandangan indah Kota Ungaran dari atas pegunungan. Tantangan bukan hanya tikungan tajam dan tanjakkan terjal, dengan kemiringan sampai 40 derajat. Kondisi jalan mulai rusak. Mulai dari aspal berlubang, sampai tanah berbatu.
Bermodalkan ground clearance 200 mm, membuat jalur ekstrem ini mudah ditaklukkan tanpa ada gejala "mentok" dan "gesrot". Selain lebih tangguh di segala medan, usia bagian bawah kendaraan juga lebih terjaga karena aman dari benturan.

Sasis "unibody" yang dimiliki Avanza membuat kendaraan ini terasa lebih tangguh melahap jalan-jalan rusak yang biasa ditemui hampir di seluruh penjelajahan. Sasis unibody terbilang unik karena bagian depan sampai tengah mobil mengunakan sasis (ladder frame) sedangkan dari tengah sampai belakang bergaya monokok. Jadi bisa mendapatkan kenyamanan ketika jalan di aspal halus, tapi tetap tangguh jika bertemu jalan rusak! Ketangguhan Avanza makin lengkap dengan sistem penggerak roda belakang, membuat daya daki MPV kompak ini lebih baik ketimbang mobil yang mengandalkan roda depan.

Meski sudah dibekali dengan beberapa kelebihan, kami menganjurkan Anda yang mau datang ke Sidomukti, wajib memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Selain itu, jalur ekstrem ini juga menuntut kesigapan dan keahlian mengemudi yang baik!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com