Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yaris Karya Pamungkas Signal Kustom di Kontes Modifikasi

Kompas.com - 06/02/2014, 15:34 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Toyota Yaris yang dihadirkan Signal Kustom, modifikator asal Bandung, punya tampang mirip konsep Yaris Hybrid-R. Komputerisasi seluruh sistem kelistrikan mobil, dua jenis bantuan tenaga induksi paksa pada mesin, dan metode unik pewarnaan bodi dilebur menjadi satu untuk dihadirkan pada Yaris Show Off (YSO) 2014. Kreasi terbaru sekaligus proyek terakhir di ranah kontes modifikasi ini dijuluki Yaris Concept 20XX.

Febri Ardani Metode unik pada sistem pewarnaan bodi, wilayah berwarna silver tidak dilaburi cat

Andre Mulyadi, penggawa Signal Kustom, menjelaskan, gagasan pembuatan ingin menciptakan karya lebih dari mobil modifikasi. “Kita mau tampil beda. Bukan seperti aliran racing atau elegan, tapi tujuannya sekelas mobil konsep,” jelasnya kepada KompasOtomotif, Rabu (5/2/2014).

Febri Ardani Sistem audio besutan Pioneer

Dibantu Pioneer Car Audio, Erwin Automobile, H. Anthony, Indra M.E.T, Dion, Felix, dan Edy Vertue Corp, butuh waktu sekitar 7 bulan hingga mobil milik Hendra Gunawan ini rampung sesuai imajinasi, tetapi tetap berada dalam koridor regulasi YSO 2014.

Febri Ardani Mesin ditambahkan turbocharger dan supercharger

Sentralisasi
Unsur modern coba ditawarkan dengan terobosan teknologi perangkat keras dan lunak. Caranya dengan mengaplikasikan ponsel berbasis iOS dan Android yang kini makin serius memasuki bisnis sistem entertainment mobil.

Seluruh sistem Yaris tersentralisasi dalam satu aplikasi bernama Automation yang berbasis Windows. Pengoperasian makin mudah karena bisa dikendalikan dari monitor layar sentuh. “Hampir semua bisa dikendalikan di layar, termasuk lampu, indikator kinerja mobil, audio, fitur keamanan, jadwal servis, dan masih banyak lagi,” papar Andre.

Konsep ini, menurut Andre, lebih fungsional dan bisa diaplikasikan ke mobil produksi. “Kita sudah pernah bikin macam-macam teknologi di mobil modifikasi sebelumnya, tapi ternyata kebanyakan tidak berguna. Di sini kami ingin ciptakan teknologi yang berguna,” tambahnya.

Febri Ardani Penumpang depan bisa menggunakan aplikasi Virtual Reallity.

Masih sangat banyak tambahan fitur lain, tetapi ada satu yang menarik, yaitu aplikasi Virtual Reality. Tujuannya untuk menampilkan unsur unik sebagai salah satu bagian dari regulasi YSO. Penumpang depan bisa merasakan sensasi seperti berada dalam adegan saat menonton video menggunakan kacamata khusus. KompasOtomotif pernah mencobanya sendiri, meski hasil visual masih belum baik, tetapi terasa cocok dengan unsur “Fun” pada YSO 2014.

Febri Ardani Tampang depan dibuat menyerupai konsep Toyota Yaris Hybrid-R

Pensiun
Yaris Concept 20XX meraih gelar di kategori Hitech In Car Gadget, Best Body Convertion, Best Engine, dan runner-up di YSO 2014. Predikat itu merupakan prestasi terakhir Signal Kustom di ajang kontes modifikasi.

Sejak tahun lalu Andre sudah menyatakan mundur dari kegiatan lomba adu olah kreasi mobil di tingkat nasional. Signal sudah banyak memenangi kontes modifikasi di hampir semua kota.

“Buat kami, menang atau kalah itu biasa. Kami siap menang dan juga siap kalah. Kontes terlalu subyektif buat kita. Kita tetap bermain di dunia modifikasi, tapi kita kerjain yang lain,” tutup Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com