Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Honda Soal Serangan Kampanye Negatif

Kompas.com - 27/01/2014, 19:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Akhir-akhir ini, PT Astra Honda Motor (AHM) dan berbagai produknya ”diserang” kampanye negatif (black campaign), berupa materi iklan yang menyudutkan pemimpin pasar sepeda motor nasional itu. Intinya, dibandingkan dengan produk kompetitor tentang sisi negatif produk berbumbu provokasi.

Ambil contoh, di salah satu surat kabar nasional, muncul iklan tentang pebandingan posisi aki Honda New Beat yang letaknya di bagian bawah, dikaitkan dengan bahaya yang muncul jika jalanan sedang banjir. Ada lagi, iklan yang menyebut bahwa produk sport Honda mempunyai sasis yang kurang baik untuk kestabilan.

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden Direktur Eksekutif AHM, Johannes Loman, menyatakan bahwa pihaknya selalu berusaha menjunjung tinggi etika dan intregritas dalam berbisnis. ”Kami tidak akan terprovokasi. Silahkan masyarakat menilai sendiri. Kami prihatin, saat pasar tumbuh dengan baik, mengapa ada pihak yang melakukan hal-hal yang tidak pada tempatnya,” kata Loman, di Senayan, (27/1/2014).

Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma, juga ikut menanggapi secara teknis. Dikatakan, terkait dengan Beat yang disebut akan bermasalah dengan air saat banjir adalah hal teknis yang ada kaitannya dengan desain.

”Yang pasti R&D kami sudah melakukan pengetesan secara ketat sehingga dapat menghasilkan sepeda motor aman seperti yang selama ini kami berikan. Kami berupaya memberikan produk terbaik untuk masyarakat. Prioritas utama kami adalah keselamatan konsumen, karena sepeda motor adalah alat transportasi penting untuk kehidupan manusia,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com