Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz S-Class ”Made in” Vietnam

Kompas.com - 07/01/2014, 13:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Ho Chi Minh, KompasOtomotif – Seperti yang pernah KompasOtomotif bahas, Vietnam kini menjadi mutiara baru pasar otomotif dunia. Salah satu yang tertarik adalah Mercedes-Benz yang mendirikan pabrik untuk memproduksi S-Class demi pasar lokal. Aktivitasnya sudah dimulai September tahun lalu dan produknya sudah dijual akhir 2013.

Berdasarkan Mercedes-Benz Vietnam (MBV), mesin dan sebagian interior diimpor dari Jerman, sementara bodi dan proses perakitan serta pengecatan dilakukan di pabrik di Ho Chi Minh. Empat poin jaminan kualitas dijanjikan MBV, dengan melalui tahapan kontrol bodi, kualitas cat, kualitas perakitan (sasis, mesin, dan interior), serta cek secara keseluruhan.

Pabrik di Vietnam ini juga sudah menerima penghargaan sebagai "Pabrik Terbaik" dari Daimler pada 2013 lalu. Jalur produksi S-Class merupakan sejarah penting bagi perusahaan. Apalagi, strategi baru Mercedes-Benz sudah diketok, sebisa mungkin mengembangkan fasilitas perakitan di luar Jerman untuk ”jemput bola”.

Menurut Michael Behrens, CEO MBV, ada tiga pesan yang ingin disampaikan perusahaan tentang produksi S-Class di Vietnam. Pertama, sebagai bukti tentang kualitas pabrik dan pekerja. Kedua, sebagai simbol komitmen perusahaan untuk terus memimpin di segmen mobil premium, dan dedikasi untuk konsumen yang membutuhkan produk berkualitas.

S-Class made in Vietnam ini memiliki dua varian, S400L dan S500L. Penyanyi lokal Thu Minh menjadi konsumen pertama yang membeli model ini dan dijadikan sebagai kendaraan harian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com