Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASIMO Kini Bisa "Main" Bola

Kompas.com - 08/11/2011, 17:14 WIB

WAKO, KOMPAS.com — Honda Motor Company hari ini memperkenalkan All-New ASIMO di Tokyo, Jepang, Selasa (8/11/2011). Robot mirip manusia ini kini bisa berlari lebih cepat, menendang bola, menyeimbangkan diri, lompat menggunakan satu kaki, menuang minuman, dan berpikir.

Pengembangan ini dilakukan Honda sebagai jawaban atas kritikan deras terhadap ASIMO, yang diperkenalkan pada 2000, tak lebih sebagai "mainan" anak-anak.

Dalam demonstrasinya, ASIMO baru berhasil melalui jalan dengan permukaan tak rata di tanah. Kemampuan jogging-nya juga meningkat, bisa mencapai 9 kilometer per jam, dari sebelumnya hanya 6 km per jam. Robot ini mampu mengindentifikasi tiga suara orang saat bersamaan dengan menganalisis tingkat suara masing-masing dan mengenali wajah seseorang.

Jemari robot ini jauh lebih terampil, yakni mampu membuka botol minuman dan menuangkannya dengan baik. Dia juga bisa menirukan bahasa isyarat dengan kedua tangannya! "Nama saya Asimo," ujarnya.

Robot berpostur anak-anak usia 7 tahun itu kini punya sensor tambahan untuk menghindari tabrakan dengan orang lain saat berjalan di kerumunan pejalan kaki.

"Semua dimulai dari mimpi insinyur untuk menciptakan mesin mirip manusia, seperti Astro Boy (tokoh komik). Kami pikir ASIMO bagus," ujar Presiden Direktur Honda Motor Company Takanobu Ito, seperti dilansir www.seattlepi.com, Selasa (8/11/2011).

Ditambahkan, teknologi ASIMO bisa membantu proses pemulihan krisis nuklir yang masih berlangsung di timur laut Jepang. Teknologinya sudah diadopsi oleh robot lain dan digunakan untuk menutup katup yang bocor di Pusat Pembangkit Tenaga Listrik Nuklir  Fukushima Dai-ichi yang mengalami kerusakan akibat gempa pada Maret lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com