Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Start Terdepan, McLaren Mengancam

Kompas.com - 08/10/2011, 13:17 WIB

SUZUKA, KOMPAS.com - Tampaknya, McLaren bakal jadi pengganjal serius Red Bull, khususnya Sebastian Vettel yang berambisi merebut gelar juara dunia 2011 di Jepang dengan hasil sempurna, memenangkan lomba. Karena, Jenson Button yang menguasai dua sesi latihan resmi, kemarin, pagi ini (8/10) kembali menjadi yang tercepat. Mampukah Button merebut posisi start terdepan?

Sayang, Button gagal menempati posisi start terdepan dalam kualifikasi di sirkuit Suzuka, Sabtu (8/10). Justru mobil Red Bull Racing (RB7) yang dikemudikan Sebastian Vettel berada paling depan. Calon juara dunia 2011 itu mampu mematahkan waktu terbaik Lewis Hamilton 1:30,617 menjadi 1:30,466 detik.

Button yang sudah berusaha sekuat tenaga di masa injury time, akhirnya bisa mendampingi Vettel di garis start terdepan. Pebalap Inggris itu mengukir waktu terbaik 1:30,475. Dengan posisi ini, bukan tidak mungkin Button bisa menggagalkan ambisi Vettel yang ingin menyandang juara dunia dibarengi engan memenangkan F1 Jepang.

Di belakang vettel-Button diisi formasi Lewis Hamilton (McLaren) dan Felipe Massa (Ferrari), sedang Fernando Alonso yang bertekad merebut posisi runner-up dunia 2011 berada di barisan ketiga didampingi Mark Webber.

Kualifikasi (Q) 1: Gebrakan Kobayashi

Cuaca cerah dengan temperatur 39 derajat celcius telah menyemangati para pebalap untuk melakukan kualifikasi. Tak disangka, Vettel tercatat pebalap unggulan yang pertama masuk lintasan bersama Maldonado (Williams), kemudian diikuti rekannya, Webber.

Pada sesi Q1, Vettel menggunakan ban berkompon medium. Sementara duo pebalap McLaren yang masuk menit 6, sama-sama memakai ban kompon terkeras.

Hasil, Vettel mengukir waktu 1:33,051, masih lebih cepat dari rekannya yang mencatat 1:33,135. Namu di luar dugaan, Alonso berhasil mempertajamnya jadi 1:32,817. Tampaknya, catatan waktu ini bisa berubah pada 10 menit kedua.

Masuk 10 menit kedua, McLaren mulai menunjukkan performanya. Hamilton hanya kalah cepat 0,026 detik dari Alonso, sementara Button membayang di urutan ketiga. Tinggal tiga menit, Sutil mematahkan waktu Alonso dengan 1:32,761 dan pebalap tuan rumah Kobayashi melejit terdepan dengan 1:32,626.

Satu-satunya pebalap unggulan yang tidak lolos kualifikasi II Nico Rosberg. Pebalap tim Mercedes, isunya mengalami gangguan pada sistem hidraulis.

Q2 : Hamilton bangkit

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com