Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johnny Darmawan: Saya Ingin Yaris Dirakit di Indonesia

Kompas.com - 04/10/2011, 18:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Toyota belum puas menguasai segmen MPV low (Avanza) dan medium (Kijang Innova) di pasar mobil Indonesia. Target berikutnya adalah membawa Yaris, segmen sub-kompak atau B-segment menjadi nomor satu di Indonesia. Di segmen ini, Toyota belum bisa mengalahkan rival yang selalu unggul, yaitu Honda Jazz.

Karena itu pula, Toyota Astra Motor (TAM), APM Toyota di Indonesia, gencar membuat berbagai acara untuk memopulerkan Yaris di kalangan anak muda. Salah satunya adalah event Yaris Show Off.

Selisih tipis
"Saya ingin Yaris dirakit di Indonesia. Ini baru wacana," ungkap Jonny Darmawan, Presiden Direktur TAM, kepada wartawan dalam konferensi pers Yaris Show Off di Jakarta, Minggu lalu. Targetnya, tentu saja membuat harga Yaris makin kompetitif, seperti kompetitornya,  Jazz.

Sementara itu, Auto2000, dealer utama terbesar Toyota di Indonesia, mengaku bahwa Yaris telah mengungguli Jazz di beberapa daerah penjualan. Sejak Juni, Juli, dan Agustus, di penjualan Yaris di Jakarta sudah mengungguli kompetitornya. Kendati demikian, untuk total penjualan (berdasarkan register polisi) dari Januari sampai Agustus 2011, Jazz hanya 21 unit. Komposisinya, Yaris 5.712 unit dan Jazz 5.733 unit.

Beberapa waktu lalu, CEO Auto2000 Jodjana Jody mengatakan keyakinannya bahwa Yaris segera bisa mengalahkan Jazz, terutama dengan munculnya All-New Yaris.

Revisi target
Sementara produksi Toyota di Indonesia mulai pulih , TAM merevisi target penjualan tahun ini tanpa menyebutkan angka detail. "Pokok 36 persen," ucap Johnny sembari memperkirakan penjualan mobil di Indonesia tahun ini adalah 870.000 unit. Dengan demikian, Toyota berharap bisa membukukan penjualan tahun ini 313.000 unit. Pada awal tahun, Toyota menargetkan 280.000 unit.  

Sampai akhir Agustus lalu, penjualan ritel Toyota di Indonesia sudah mencapai 209.720 unit atau memperoleh porsi 36 persen dari total pasar mobil di Indonesia. Nah, dengan rata-rata penjualan setiap bulan 26.215 unit, dalam empat bulan, termasuk September ini, penjualan akan bertambah 104.860 unit.  

Nyatanya, September saja, Toyota membukukan penjualan 30.114 unit atau total sudah mencapai 240.045 unit. Berarti, untuk mencapai target 313.000 unit dalam tiga bulan terakhir 2011, yaitu menambah sekitar 75.000 unit, akan lebih mudah.

Top dah, dan berarti rekor baru lagi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com