Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Start Terdepan dan Berpeluang Juara Dunia

Kompas.com - 24/09/2011, 22:17 WIB

MARINA BAY, KOMPAS.com - Sebastian vettel memberi sinyal kalau gelar juara dunia akan diraihnya di sirkuit Marina Bay, tempat berlangsungnya F1 Singapura, Minggu (25/9). Pebalap Red Bull Racing itu berhasil merebut posisi start terdepan dan ke-11 tahun ini setelah mengukir waktu tercepat 1 menit 44,318 detik.

Hebatnya, start besok, kedua mobil Red Bull berada di barisan paling depan. Mark Webber mendampingi rekannya, setelah ia berhasil memperbaiki waktunya menjadi 1:44,732 dan sekaligus menggeser Hamilton.

Dengan formasi ini, bukan tidak mungkin memuluskan Vettel untuk melejit ke depan saat start. Asalkan Webber tidak membuat kesalahan seperti yang pernah dilakukannya. Sampai salah, termasuk Vettel karena grogi, bukan tidak mungkin dilibas McLaren.

Karena, duo McLaren membayang di belakang Red Bull. Hamilton berada di belakang Webber yang dapat dengan mudah menyalip rekan Vettel sampai startnya telat. Dan mesin McLaren hari ini sangat baik, hanya Button sedikit mengeluhkan mobilnya.

 

Soal performa mesin, RB7 yang dikemudikan Vettel sangat hebat. Buktinya, mulai dari kualifikasi pertama sampai ketiga dikuasainya. Bahkan ia mampu mematahkan waktu tercepat McLaren yang dibuat oleh Hamilton dan Button.

 

Kualifikasi (Q) 1: Button mengeluh understeer

Tumben, McLaren, Ferrari dan Red Bull menit-menit awal sudah masuk lintasan. Hamilton tampil dengan keempat roda memakain ban kompon terkeras. Anehnya, pada menit 3, 21 mobil sudah berada di trek.

Vettel langsung menjadi tercepat setelah menghasilkan waktu 1:47,137. Tapi, tak sampai satu menit, Hamilton dengan McLaren MP4-26 melesat lebih cepat 0,123 detik.

Tampaknya McLaren menemukan performa mesinnya. Buktinya, rekan setim Hamilton, Button mampu mempertajam waktu hamilton yang 1:47,014 menjadi 1:46,993. Vettel seperti tidak rela waktunya dipatahkan dan balik terdepan dengan 1:46,397 bedrkat memakai ban kompon terkeras.

Masuk menit 10, mobil-mobil McLaren mengalami gangguan kecil. Button mengeluh understeer. Sementara Hamilton masuk pit karena melakukan kesalahan di tikungan 7 dan para mekanik sibuk mengerjakan mobil. Tampaknya, waktu terbaik vettel akan bertahan sampai akhir kualifikasi I.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com