Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Juara, Hamilton Keluhkan Schumacher

Kompas.com - 11/09/2011, 20:29 WIB

MONZA, KOMPAS.com - Luar biasa penampilan Sebastian vettel di ajang balap F1 Italia, Minggu (11/9). Pebalap andalan tim Red Bull Racing tersebut berhasil memenangkan lomba seri ke13 yang menempuh 53 lap dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit 46,172 detik. Ini kemenangan kedelapannya musim ini dan kina kokoh di puncak klasemen sementara dengan total 284 angka. Gelar juara dunianya, tingga ditentukan di Singapura.

Dalam balapan di sirkuit Monza ini, Vettel boleh dibilang tampil tanpa kerja keras. Ia kehilangan posisi terdepan hanya saat start dan upayanya terganggu oleh masuknya safety car. Posisi terdepan baru dapat diambil dari Fernando Alonso pada lap 5 dan terus memimpin sampai usai lomba.

Mernariknya, di lomba ini Vettel memilih pakai gigi rasio pendek. Padahal, treknya dikenal cepat. Namun, keputusannya dan tim tidak meleset dan ia sukses menuai kemenangan.

Sayang, suksesnya tidak diikuti rekan setimnya mark Webber yang harus berhenti lebih awal. Ia tak dapat mengendalikan mobil dan menabrak dinding pembatas.

Posisi kedua direbut pebalap McLaren Jenson Button. Padahal, ia hampir saja bersenggolan dengan pebalap senior Rubens Barrichello. Kalau saja dirinya tak bisa menahan emosinya, senggolan di mulut masuk pit tak terhindarkan.

Sedang podium ketiga diraih Fernando Alonso. Pebalap Spanyol ini sudah melakukan start sempurna dan berhasil terdepan masuk tikungan pertama. Sayang, upayanya terganggu oleh insiden di barisan tengah, sehingga SC harus masuk. Bahkan peluang tangga ketiganya, juga nyaris direbut Hamilton di lap terakhir. Mobil Ferrari memang kalah kencang dibanding McLaren dan Red Bull


Vettel pakai rasio gir pendek

Saat start, Alonso membuat gerakan sempurna dengan melibas Hamilton dan Vettel dari sisi dalam lintasan. Taktiknya berjalan dengan mulus dan ia dapat berada di depan, namun "safety car" (SC) harus masuk lintasan karena terjadi tabrakan hebat.

Mobil Liuzzi melintir dari belakang dan masuk tikungan pertama menghajar Petrov (Renault) dan Nico Rosberg (Mercedes) serta Barrichello yang masuk pit minta ganti moncong baru.

Pada lap 3, SC masuk dan balapan dimulai lagi.Tapi, lap ke-5 bendera kuning berkibar karena terdapat serpihan dari mobil Webber yang menghajar bagian belakang Felipe Massa karena tak dapat mengendalikan mobil di tikungan "S". Meski pebalap kedua Red Bull dapat melajukan mobil tanpa sayap depan, namun pada tikungan tajam mobil lurus dan menabarak dinding pembatas.

Vettel tampil gemilang danb ia berhasil mengembil alih pimpinan dari Alonso pada lap 5. Tampak RB7 yang dikemudikan penalap jerman ini sangat kencang di tikungan. Ia menggunakan gir rasio pendek, sehingga ketika ke luar tikungan dapat melejit dengan cepat. Kendati jarak terpanjang untuk ganti gigi dilakukan antara 400-500 meter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com