Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tunggal Nils dari VW

Kompas.com - 02/09/2011, 15:23 WIB

JERMAN, KOMPAS.com - Di ajang pameran otommtif dunia di Frankfurt, 13 September ini, Audi dan Volkswagen bahu-membahu menyukseskan gelaran, di mana keduanya akan memajang mobil konsep perkotaan. Bila Audi menampilkan konfigurasi dua jok, sementara VW dengan model jok tunggal yang mereka namakan Nils.

Dari segi desain, jelas Nils lebih kecil dan bobotnya tidak lebih dari 1000 kg. Kendaraan ini dikerjakan bersama-sama dengan Kementerian Transportasi Jerman sebagai awal dari satu solusi kemungkinan untuk lingkungan perkotaan yang padat di masa mendatang. Atau VW menyebutnya sebagai "minimalist mobility".

Pintunya model gullwing dan meski dimensi kompak, VW mengklaim kalau kendaraan konsep mereka memenuhi persyaratan keselamatan. Mereka telah mendapat pengalaman cukup dalam membangun mobil kecil dari konsep sebelumnya L1.

Nils murni mobil listrik dengan motor listrik yang kompak memiliki berat hanya 42 kg. Tenaga maksimal yang dihasilkan 33HP. Sementara baterai memiliki kapasitas 5,3 kWh dan mapu menempuh jarak terjauh 65 km, sedang pengisian baterai hanya butuh waktu dua jam. Colokan untuk mengisi baterai terletak persis di bawah lampu belakang.

Meski bentuk kecil, mobil mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 125 km/jam lebih. Akselerasi dari 0-100 km per jam dicapai dalam waktu 11 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com