Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Rayakan 125 Tahun Kelahiran Mobil

Kompas.com - 29/08/2011, 14:02 WIB

STUTTGART, KOMPAS.com — Jerman merayakan tahun kelahiran mobil, yang ditandai dengan pemberian hak paten kepada Carl Benz, 125 tahun lalu untuk kendaraan bermotor roda tiga. Perayaan ini diharapkan akan menarik kunjungan wisatawan asing ke Jerman.

Kantor Turisme Nasional Jerman telah membuat industri mobil sebagai program wisata utama tahunan untuk pertama kali. Untuk ajang itu, daerah barat baya, Baden-Wuerttemburg, sendiri telah mengorganisasi 200 perhelatan sejak Mei-September 2011.

"Dengan ekspos ini, kami mengajak publik baru yang akan datang bukan hanya untuk menyaksikan mobil, tetapi juga menghargai seni," ujar Direktur Museum Mobil Stuttgart, Michael Bock, di Stuttgart, Jerman, Senin (29/8/2011).

Itu memungkinkan karena orang yang berkunjung ke Stuttgart tidak akan melewatkan bintang Mercedes yang ditempatkan di atas stasiun utama. Di bagian lain, suara raungan mobil akan membawa pengunjung ke sebuah aula yang berisi mobil pertama di dunia yang ditemukan secara simultan oleh Carl Benz and Gottlieb Daimler itu.

Sekitar 160 mobil menandai evolusi dunia permobilan, termasuk salah satunya adalah mobil sedan mengilat yang dibuat pada awal abad ke-20. Jumlah pengunjung diperkirakan meningkat 5-10 persen tahun 2011, tumbuh dari jumlah pengunjung museum tahun 2010 yang sebanyak 650.000. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com