Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webber Terdepan, Hamilton-Vettel-Alonso Tampil Jelek

Kompas.com - 08/07/2011, 17:05 WIB

SILVERSTONE, KOMPAS.com — Meski off-throttle diffuser yang jadi keunggulan mobil Red Bull Racing dilarang di sirkuit Silverstone, ternyata hal itu tidak mengurangi performa RB7. Buktinya, dalam latihan bebas pertama F1 Inggris di sirkuit tersebut, Jumat (8/7/2011), Mark Webber tampil sebagai yang tercepat dengan waktu terbaik 1 menit 46,609 detik.

Rekor tercepat itu diukirnya jelang latihan yang tinggal menyisakan satu menit dari 90 menit. Itu pun bukan yang pertama karena pada menit ke-87, pebalap Australia ini juga sudah melesat paling cepat dengan catatan waktu 1 menit 47,758 detik, mempertajam waktu rekan setimnya, Sebastian Vettel.

Pemimpin klasemen sementara, Vettel, hanya mampu menduduki urutan ke-13 dengan hasil 1 menit 48,794 detik. Jeleknya penampilan pebalap Jerman bukan disebabkan oleh mobil, melainkan kondisi lintasan sepanjang panjang 5,891 km itu licin akibat sempat disiram hujan sebelum latihan.

Dalam kondisi trek yang agak licin, para pebalap terpaksa memakai ban intermediate. Pebalap senior seperti Michael Schumacher (tim Mercedes) dan Rubens Barrichello (Williams) justru tampil bagus sesuai dengan pengalaman dan kematangan mereka.

Schumi—sapaan akrab Schumacher—menutup sesi latihan bebas ini dengan waktu terbaiknya, 1 menit 47,263 detik, dan berada di urutan kedua. Adapun Rubens kalah cepat 0,065 detik di belakang Schumi.

Sementara itu, Fernando Alonso bertengger di urutan ketujuh (1 menit 48,161 detik). Ia membesut Ferrari 150 Italia dengan sayap belakang baru, sedang rekannya Felipe Massa justru tampil lebih baik dua tingkat di atasnya.

Bagaimana nasib pebalap tuan rumah dari tim McLaren? Hamilton memang belum mengejar waktu di sesi ini dan ia banyak menjajal ban jenis slick dalam kondisi trek kurang baik. Akibatnya, laju mobilnya sempat seperti hendak melintir.

Lebih parah lagi rekan setimnya, Button. Ia terpental jauh di urutan ke-15.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com