Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Libas Ferrari Rebut "Pole Position",

Kompas.com - 12/06/2011, 00:53 WIB

MONTREL, KOMPAS.com - Sebastian Vettel berhasil merebut pole position F1 Kanada setelah dalam kualifikasi hari ini (11/6) menjadi yang tercepat. Pebalap andalan Red Bull Racing asal Jerman, ini ketika mengitari trek Gilles Villeneuve berjarak 4,361 km mencatat waktu tercepat 1:13,014 detik.

Hasil ini didapat bukan dari hasil perbaikan, melainkan catatan pertamanya masuk lintasan langsung jadi yang tercepat. Beberapa kali ia coba memperetajamkannya, namun hanya lebih lambat 0,1 detik.

Balapan rangkaian ke-7 yang akan menyelesikan 70 lap, Minggu (12/6) bakal berlangsung seru. Pasalnya, duo Ferrari berada di belakang Vettel. Fernando Alonso berada di sebelah Vettel.

Kejutan dibuat oleh Felipe Massa. Pebalap Brasil ini tercepat ketiga dan ia sangat agresif saat start. Bukan tidak mungkin rekan sendiri akan dilibasnya, termasuk Vettel yang kemungkinan disalipnya dari sisi luar bila pebalap Red Bull itu coba menutup Alonso.

 

 

 

KUALIFIKASI (Q) 1 : Alonso melejit

Tidak seperti di balapan sesbulamnya, di sirkuit Gilles Villeneuve ini tumben ppara pebalap unggulan lebih cepat masuk lintasan. Seperti Mark Webber berada di lintasan pada menit 2, diikuti Vettel (4), Massa, Alonso dan Hamilton.

Penampilan mereka bagiakan kualifikasi terakhir, di mana antara Alonso dan Vettel saling mempertajam waktu. Diawali oleh Vettel dengan 1:14,703, satu menit kemudian dipertajam Alonso jadi 1:14,227. Vettel kembali melesat lebih cepat 1:14,011 detik dan pebalap Ferrari membalasnya jadi 1:13,822 detik pada menit ke-11.

Pada sesi ini, kecelakaan hampir dialami oleh pebalap senior Pedro de La Rosa yang menggantikan Perez di tim Sauber. Roda kiri depannya sempat mengeluarkan api akibat membentur dinding pembatas. Vettel pun sempat menikung terlalu melebar, sehingga roda kiri belakang jatuh ke rumput.

Q2 : Gebrakan Massa

Dalam persaingan memperebutkan pole position antara Vettel dan Alonso kini mendapat lawan baru, Webber. Ketika rekan setimnnya, Vettel melejit tercepat 1:13,690, Webber mampu lebih cepat 1:13,654. Namun Webber balik membalas lebih cepat 0,208 detik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com