Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alonso Melejit, Beberapa Pebalap Kecelakaan

Kompas.com - 11/06/2011, 02:40 WIB

MONTREAL, KOMPAS.com — Fernando Alonso menggebrak latihan bebas kedua F1 Kanada. Pebalap Ferrari itu melejit dengan waktu tercepatnya dalam mengitari satu putaran Sirkuit Gilles Villenuve dengan waktu 1 menit 15,107 detik. Dalam sesi latihan kali ini diwarnai kecelakaan yang dialami oleh beberapa pebalap.

Hasil yang diraih Alonso bukan secara kebetulan. Dari menit-menit awal ia sudah menunjukkan performa mesin Ferrari F-150 yang cepat. Ditambah lagi, tim memberi dua jenis ban kompon lunak dan superlunak.

Tampaknya, Ferrari sangat berambisi bisa memenangi F1 Kanada. Tim telah mempersiapkan mobil dengan cukup baik. Buktinya, rekan setim Alonso, Felipe Massa, berada di urutan ketiga.

Di luar dugaan, Sebastian Vettel, yang paginya mengalami kecelakaan hebat, langsung menorehkan waktu terbaiknya, yaitu 1:15,476 detik. Ia berada di urutan kedua.

Sementara duo McLaren bertengger di urutan keempat dan kelima. Sulit dipercaya, tim Mercedes yang di babak pertama begitu hebat kali ini terperosok di posisi ke-19 dan ke-20.

 

Pebalap tabrak dinding pembatas

Latihan bebas sesi kedua dimulai dengan tetap ikutnya Vettel, yang pada latihan pertama mengalami kecelakaan. Di sini para pebalap papan atas masih melakukan eksperimen dalam pemakaian ban agar bisa menentukan strategi dan juga kualifikasi meraih posisi yang baik.

Dua Ferrari tampil kali ini untuk mengevaluasi dan sekaligus eksperimen dengan ban medium. Jadi, selama satu jam setengah ia dibekali ban kompon lunak dan superlunak. Hasilnya, ia mampu memperbaiki waktunya dari 1:176,985 pada menit ke-11 menjadi 1:15,205 detik yang dibuatnya pada menit ke-41. Catatan waktu itu sekaligus menajamkan punya Vettel, 1:15,476.

Michael Schumacher dengan ban superlunak sempat mengerem keras ketika akan masuk di chicane. Untuk menghindari kecelakaan, ia membiarkan mobil keluar lintasan sedikit dan bisa diatasi, kemudian melanjutkan kembali.

Lagi-lagi dinding pembatas sirkuit meminta "korban" yang kali ini dialami oleh Sutil di tikungan ke-7. Ia keluar tikungan terlalu melebar sehingga menghajar pembatas. Bagian depan kiri mobil rusak dan para teknisi melihat ia keluar dari mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com