Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil-mobil Terburuk 2011 Versi "Forbes"

Kompas.com - 29/04/2011, 20:56 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Majalah ekonomi Amerika Serikat, Forbes, yang terkenal dengan peringkat orang terkaya di dunia, merilis daftar mobil terburuk 2011 yang dipasarkan di negara tersebut. Hebatnya, penilaian Forbes dikutip lagi oleh banyak media otomotif lain, terutama media online.

Hasil dari penilaian Forbes itu mengagetkan! Pasalnya, justru produk Amerika yang banyak dinilai buruk. Dari 13 model yang dipilih, kategori terburuk Forbes didominasi oleh dua produsen asal AS, yaitu General Motors dan Chrysler.

Dari Eropa muncul Mercedes-Benz S-Class dan Smart. Satu-satunya wakil Jepang adalah Nissan Titan. Sementara itu, Ford lolos!  

Kriteria
Kriteria mobil terburuk didasarkan pada nilai total terendah dari 6 parameter yang ditilik, yaitu keandalan dan performa kendaraan yang dilakukan oleh Consumer Report. Parameter tersebut adalah Most Reliable Cars, Best and Worst Safety Performance Survey, Best and Worst Fuel Economy, Highest Cost of Ownership, Best and Worst Values Report, dan total nilai mobil baru dari Consumer Report.

Dijelaskan, Mercedes-Benz S550  masuk dalam daftar mobil terburuk karena biaya kepemilikan yang tinggi dan konsumsi bahan bakar yang boros sehingga mengakibatkan nilai rata-ratanya rendah. Dalam hal ini, keandalan, keamanan, atau performa tidak menentukan. Karena itu pula, SUV mewah Cadillac, Escalade, yang walau berinterior mewah dan berkualitas tinggi serta mesin yang sangat bertenaga, juga masuk sebagai mobil terburuk.

"Nilai terburuk adalah biaya paling tinggi kepemilikan," komentar Terry Woychowsky, Wakil Presiden Kualitas dan Global GM. Analoginya, "Jika mengutamakan harga untuk membeli jam dan akurasi waktu, pilihan jatuh pada Casio. Namun, bila pertimbangannya harga dan nilai, ya Rolex," ucapnya.

Ditambahkan, mobil-mobil sekarang ini lebih aman, efisien, dan makin andal dibandingkan 15 tahun lalu. Namun, bisa saja kendaraan seperti Jeep Liberty kurang andal dan boros bahan bakar.

Jeep Liberty dan Wrangler dinilai oleh Consumer Report sebagai mobil yang tingkat keandalannya paling rendah. Sementara itu, Wrangler menerima predikat terburuk. 

Untuk memperoleh data ini, 50 orang langsung melakukan tes tehadap mobil dan mengemudikannya langsung.   

Berikut mobil-mobil yang dinilai terburuk: Cadillac Escalade, Chevrolet Tahoe Hybrid, Aveo, Colorado, Dodge Nitro, Dakota, Jeep Liberty, Jeep Wrangler, Chrysler Town & Country, Nissan Titan, Mercedes-Benz S-Class, dan Smart ForTwo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com