Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Kodok Generasi-3 Melompat Lebih Cepat

Kompas.com - 19/04/2011, 16:25 WIB

WOLFSBURG, KOMPAS.com - Dari semalam sampai besok Volkswagen AG mengadakan pesta di tiga benua. Pesta antar benua menandakan kelahiran kembali model yang pernah menjadi ikon dan membuat VW terkenal, yaitu Beetle. “Dunia adalah rumah Beetle,” pernyataan VW dalam rilisnya. Berarti, Beetle nantinya akan dipasarkan ke seluruh dunia!

Di berbagai negara, VW Beetle punya sebutan sendiri-sendiri. Di Indonesia dikenal dengan Kodok: Penggemarnya sangat banyak dan sampai sekarang masih eksis. Sementara di negara lain, menurut VW, sebutannya antara lain  Käfer, Vocho, Coccinelle, Fusca dan Maggiolino.

Generasi Ke-3
Versi terbaru yang baru saja diperkenalkan, merupakan generasi ke-3 atau generasi kedua dari New Beetle. Generasi pertama lahir pada 1938 dan kedua 1998. Kedua generasi telah mencapai  penjualan 21,5 juta. Khsusu untuk generasi kedua satu juta lebih!

Penampilan generasi ketiga tetap kendati dengan jati diri asli Beetle: terdiri dari tiga setengah bulatan, yaitu roda depan dan belakang dan bagian tengah atau kabin. Dijelaskan pula, antara generasi-2 dan 3 berbeda  total.

Ciri Khas
Kendati dilakukan revitaliasi pada Beetel Generasi-3 ini, namun ciri Beetle asli  tetap knetal. Utamanya  bentuk lampu depan, tetap bulat. Kendati demikian, teknologinya adalah masa kini. Ini bisa dilihat dari bagia pinggir lampu utama dilengkapi 15 unit  LED yang berfungsi sebagai lampu siang dan parkir.  Khusus untuk lampu besar, VW juga menawarkan opsi, bi-xenon.  

Menurut VW ciri asli tetap dipertahankan agar semua orang mudah menggenal mobil ketika lewat. “Begitu melihat sekelebat, orang bisa memastikan, Ohh.. itu Beetle! Seperti orang  mengenali botol Coke, iPhone dan Ray Ban Aviator,” beber VW.

 

Lainnya adalah adalah model belakang yang landai, kendati kini kacanya lebih lebar.  Tak kalah menarik, kini bagian belakang dilengkapi dengan spoiler yang berada di bawah dasar kaca. Untuk roda, VW sudah menyiapkan, nantinya bisa dipasang dengan diameter 19 inci ke atas!.  

Karena dipasarkan ke seluruh dunia, VW berusaha membuat harganya terjangkau, kendati sampai saat ini belum diumumkan. Teknologi terbaru yang ditanamkan   mesin (bensin dan diesel) dengan teknologi tercanggih, sistem keamanan, sistem informasi dan navigasi dan hiburan mutakhir.  

Lebih Ceper
Menurut perancang VW, Klaus Bischoff, kini penampilan Beetle gagah, dinamis dan lebih jantan. “Dibandingkan dengan Beetle 1998, versi yang  sekarang rapi dan sporty. Versi lebih ceper, lebar, kap (bonnet) mesin lebih panjang, kaca depan lebih landai ke belakag. Inilah dinamika VW Beetle,” lanjut  Bischoff.

Konsep ceper diakui merupakan kelanjutan dari Ragster yang dipamerkan VW pada  Detroit Auto Show 2005. Mobil yang disebut terakhir adalah “hot rod” dengan basis New Beetle.  Dimensi Beetle Baru ini: Panjang 4.278 mm (lebih panjang 152 mm), lebar 1.808 mm (lebih lebar 84 mm), tinggi 1.486 mm (lebih ceper 12 mm).  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com