Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Honda Pantau Pabrik Naik Motor

Kompas.com - 13/04/2011, 14:28 WIB

TOCHIGI, KOMPAS.com — Presiden Direktur sekaligus CEO Honda Motor Company, Takanobu Ito, meninjau langsung fasilitas Honda di Prefektur Tochigi  yang rusak akibat gempa pada 11 Maret lalu. Sebagai orang nomor satu di Honda, yang menarik dari kunjungan Ito tersebut adalah, ia berkeliling pabrik dengan  mengendarai sepeda motor.

"Saya sengaja mengendarai sepeda motor dan berhenti di setiap fasilitas yang ada, memeriksa tingkat kerusakan yang terjadi. Dengan atap ambruk dan dinding retak, tak ada satu pun fasilitas di sini (Tochigi) yang bisa berproduksi dalam waktu dekat. Saya memaklumi, tidak mudah memulihkan pabrik ke kondisi normal," komentar Ito, dilansir visordown.

Dijelaskan, hampir semua divisi Honda berkantor sementara untuk mendata aset perusahaan yang tersisa, khususnya pasokan komponen. "Setelah semua divisi membangun kembali jaringan komunikasi, proses produksi bisa dimulai lagi. Perlahan tetapi pasti," bebernya.

"Fokus utama kami adalah kembali beroperasi dan bisa mengoperasikan perakitan   mobil di Saitama dan Suzuka. Artinya, semua fasilitas produksi Honda mobil dan komponen sudah bisa jalan kembali kendati baru 50 persen, termasuk pabrik di luar Jepang," ungkap Ito.

Honda berusaha sekuat tenaga kembali ke posisi sebelum bencana untuk menstabilkan pasokan komponen. Untuk itu, Honda akan membantu pemasok dan dealer di seluruh Jepang dengan berproduksi dan beroperasi kembali secara bertahap.

"Kami, Honda Group, akan mengatasi kondisi sulit ini secepat mungkin, sekaligus memperbaiki perekonomian Jepang," tutup Ito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com