Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda "Recall" Accord di Aussie

Kompas.com - 30/03/2011, 16:06 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Honda mobil tersandung masalah di Australia. Minimal 45.524 Honda Accord model Euro bermasalah dan harus ditarik untuk diperbaiki (recall) di seluruh Australia. Penyebabnya diduga kebocoran pada selang power steering. Hal ini berpotensi memicu kebakaran.

Kerusakan tersebut terjadi pada Accord yang dijual pada periode Juni 2003 sampai Juni 2008 di Negeri Kanguru. Honda setempat resmi mengumumkan kampanye recall melalui situs resmi Australian Competition & Consumer Commission, komisi persaingan usaha dan dagang di Australia.

"Suhu panas di balik kap mesin bisa membuat selang power steering memuai dan terjadi bocor prematur. Oli pun berpotensi keluar, lalu menghasilkan asap, bau terbakar, dan paling parah bisa memicu kebakaran," tulis Honda Australia seperti dilansir caradvice, Rabu (30/3/2011).

Honda akan menghubungi semua konsumen melalui surat, meminta mereka segera ke bengkel resmi untuk memeriksakan kendaraannya. Sampai berita ini diturunkan, Honda mengaku sudah mencatat beberapa laporan terkait masalah tersebut di dealer.

"Sudah ada satu atau dua pelanggan yang datang ke kami karena bocornya selang power steering. Namun dipastikan, belum ada kebakaran apa pun," ungkap juru bicara Honda Australia, Mark Higgins.

Sekadar tambahan, Januari-Maret 2011, Honda sudah melakukan kampanye recall untuk kali keempat dengan total penarikan 84.505 unit. Penarikan terjadi pada beberapa model, yaitu Accord Euro, City, Civic Hybrid, dan Jazz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com