Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peugeot Akan Bangun Pabrik di India

Kompas.com - 28/02/2011, 20:20 WIB

GUJARAT, KOMPAS.com — Karena pasar mobil India tumbuh pesat, Peugeot ingin memanfaatkan kesempatan dan berencana membangun pabrik baru di negara tersebut, tepatnya di Gujarat.

"Sekelompok delegasi dari Peugeot baru saja mengunjungi kami dan menyatakan berniat mendirikan pabrik di India. Sekarang lagi melihat-lihat tanah di Gujarat seluas 607.028 meter persegi," ujar seorang eksekutif dari Kementerian Perindustrian India, diberitakan BS Motoring (27/2/2011).

Pemerintah sudah menawarkan sejumlah lokasi, yakni di Bol Village dekat Sanand (kawasan industri) yang dikembangan untuk pusat industri otomotif oleh Gujarat Industrial Development Corporation (GIDC). Saat ini, pemerintah India sudah membeli 4.856.227 meter persegi di lokasi ini sebagai kawasan industri dan diharapkan mulai terisi dalam tiga sampai empat bulan mendatang.

"Keputusan final untuk mendirikan pabrik akan ditentukan Peugeot dalam waktu dekat di markas utamanya," kata sumber tersebut.

Kedutaan Perancis di India, ketika dikonfirmasi tentang rencana tersebut, menyatakan, "Ya, kami mengetahui rencana tersebut. Bukan cuma Peugeot, hampir 700 perusahaan Perancis beroperasi di India, 200.000 tenaga kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com