Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Daun Raih Mobil Terbaik Eropa 2011

Kompas.com - 30/11/2010, 09:14 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Tak sia-sia upaya Nissan Motor Company masuk ke segmen mobil listrik dengan andalannya Leaf. "Si daun" menjelang pengujung tahun ini dinobatkan sebagai Mobil Terbaik Eropa atau  European Car of the Year 2011.

Leaf berhasil mengalahkan enam finalis lainnya yakni, Alfa Romeo Giulietta, Citroën C3/DS3, Dacia Duster, Ford C-Max, Opel/Vauxhall Meriva dan Volvo S60/V60. Menurut panitia pemilihan ini untuk pertama kali mobil listrik murni pertama menjadi finalis dan akhir memenangkan kontes. Nilai yang diperoleh dari juri untuk Leaf, 257 poin, Alfa Romeo Giulietta (kedua) 248 dan ketiga Ope/Vauhall Meriva 244 poin.

Penghargaan ini diberikan oleh lembaga Car of The Year (COTY) yang terdiri dari tujuh media otomotif Eropa, yaitu  L'automobile (Perancis), Autovisie (Belanda), Auto (Italia), Autocar (Inggris), Autopista (Spanyol), Stern (Jerman) dan Vibilagare (Swedia).

Pemilihan dilakukan oleh 57 juri terdiri dari jurnalis industri otomotif . Ketua Komite Juri COTY Hakan Matson mengatakan, "Leaf merupakan mobil listrik yang menembus batas. Kelebihannya, bisa menyamai mobil konvensional".

Bos Nissan, Carlos Ghosn,  saat menerima anugrah ini menyatakan kebanggaannya. "Penghargaan ini menunjukkan pionir Nissan Leaf sama kompetitifnya dengan mobil konvensional untuk keamanan, performa, ruang dan pengendalian. Sekaligus menunjukkan kemajuan Nissan sebagai produsen inovatif, punya visi ke depanmenciptakan alat transportasi masa depan yang kami sebut, mobilitas berkesinambungan ".

Dengan kemenangan ini, maka Nissan Leaf menggantikan Volkswagen Polo sebagai Europe Car of The Year 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com