Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Suntik Dana Rp 1,46 Triliun Lindungi 148 Pekerja

Kompas.com - 25/11/2010, 16:59 WIB

AS, KOMPAS.com — Raksasa produsen mobil Amerika, General Motors (GM), mengucurkan dana Rp 1,46 triliun (163,2 juta dollar AS) yang akan dibagikan kepada tiga pabrik mesin guna meningkatkan kapasitasnya. Jantung pacu yang diproduksi ini untuk Chevrolet Volt, Cruze, dan mobil kecil Chevrolet.

Ketiga pabrik yang menerima investasi tersebut, Flint Engine Operations, membawa pulang Rp 1,23 triliun (138,3 juta dollar AS). Dengan suntikan itu, Flint akan meningkatkan produksi mesin 1,4 L empat silinder ber-turbocharger Ecotec yang akan dipakai pada mobil-mobil perusahaan untuk penghematan bahan bakar.

Pabrik lainnya, General's Bay City Components dan Defiance Casting di Ohio. Mereka masing-masing menerima Rp 113,6 miliar (12,7 juta dollar AS) dan 12,2 juta dollar AS. Menurut pihak GM, dana itu secara keseluruhan akan digunakan untuk melindungi 184 tenaga kerja di ketiga pabrik tersebut.

Pada awal 2011, Flint ditargetkan memproduksi mesin 400 unit per hari, meski GM menginginkan capaian 800 unit sampai akhir tahun depan. Sementara itu, Bay City diminta menambah produksi camshaft dan setang piston, sedangkan Defiance difokuskan pada blok mesin dan crankshaft.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com