Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan LEAF Telah Menggelinding di Oppama

Kompas.com - 23/10/2010, 06:56 WIB

YOKOHAMA, KOMPAS.com – LEAF , mobil listrik 100 persen dari Nissan, kemarin   mulai diproduksi di Oppama, Jepang. Menurut rilis Nissan, mobil ini mulai dijual di Jepang pada Desember mendatang. Sedangkan di di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa, dimulai awal 2011. Karena itu pula, ekspor ke Amerika dilakukan November dan ke Eropa pada bulan berikutnya.

“Ini adalah hari yang bersejarah, tidak hanya bagi Nissan dan Renault-Nissan, juga seluruh industri otomotif dunia,” kata Presiden dan CEO Nissan, Carlos Ghosn pada upacara perayaan peluncuran Nissan Leaf pertama dari “assembling line”.

Modifikasi Pabrik “Konsumen mobi ini sudah pasti. Mereka menginginkan mobil ramah lingkungan dan tentu saja menyenangkan. Kita telah menjadi pionir dalam ketepatan waktu mengirimkan mobil, kehandalan produk, semua itu sesuai dengan harapan konsumen. Nissan LEAF yang inovatif secara radikal akan mengubah harapan konsumen mobil di seluruh dunia,” lanjut Ghosn.

Di Oppama, juga diproduksi mobil bermesin bensin seperti Juke dan Cube. Khusus LEAF, jalur perakitan harus dimodikasi. Untuk titik pemasangan modul baterai misalnya, sebelum adalah tempat memasang tangki bensin. Sedangkan untuk memasang motor listrik dan inverter, merupakan titik pemasangan mesin.

Dijelaskan pula, baterai lithium-ion yang digunakan Nissan LEAF dibuat di pabrik Automotive Energy Supply Corporation (AESC) , Zama, Jepang. Untuk memproduksi baterai tersebut, AESC bekerjasama dengan Nissan Motor Co. dan NEC Corporation. Modul baterai terdiri dari 4 sel, seelah dirakit di Zama dikirim ke Oppama.

Pabrik Induk Hidetoshi Imazu, Executive Vice President of Manufacturing mengatakan pada peluncuran Nissan LEAF, ”Oppama akan menjadi ‘Pabrik Induk’ untuk Nissan LEAF. Kami akan mengunakan seluruh pengetahuan dan belajar dari Oppama untuk memastikan kualias produk.” Selain di Oppama, LEAF juga akan dirakit di Smyrna, Tennessee Amerika, Serikat dan Sunderland, Inggris.

Pabrik Nissan di Oppama kapasitas produksinya 50.000 unit per tahun. Sedangkan perakitan LEAF di Smyrna yang akan mulai produksi pada akhir 2012, kapasitas produksi 150.000 unit per tahun. Di Sunderlan produksi LEAF dimulai awal 2013 dengan kapasitas produksi 50.000 unit per tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com