Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan GT-R 2011 Tambah Dua Varian

Kompas.com - 18/10/2010, 19:15 WIB

YOKOHAMA, KOMPAS.com — Nissan Motor Company, Ltd, akhirnya merilis  detail GT-R 2011 yang diluncurkan di Jepang pada 17 November mendatang. Mobil sport generasi terbaru kebanggaan Nissan ini tampil lebih segar dengan performa yang juga makin yahud.

GT-R kini terdiri dari enam varian dengan tambahan khusus untuk dijajal di sirkuit, yaitu Club Track dan paling eksklusif, EGOIST. Varian lainnya adalah Pure Edition, Black Edition, Premium Edition, dan SpecV. Club Track merupakan GT-R  dengan spesifikasi khusus yang dirancang untuk melaju di arena balap. Sementara itu, EGOIST menawarkan berbagai kelengkapan eksklusif, seperti sistem audio premium Bose dan pilihan 20 warna interior.

Perubahan paling mencolok pada eksterior adalah bemper depan dan gril yang lebih terbuka. Koefisien hambatan udara (cd) turun dari 0,27 menjadi 0,26, sekaligus meningkatkan gaya tekan (downforce) 10 persen.

Perubahan desain bemper belakang turut menyumbang penurunan titik berat sekaligus memperbaiki aliran udara agar daya cengkeram mobil di belakang bertambah 10 persen.

Perubahan pada interior dilakukan pada panel instrumen, sistem navigasi, konsol tengah dengan balutan karbon, dan tombol-tombol kontrol hitam solid (dof). Desain jok model balap (bucket) juga diubah agar bisa memberikan kenyamanan lebih baik lagi.

Peningkatan performa dilakukan dengan menaikkan tekanan turbo, menggeser waktu bukaan katup dan perbandingan campuran udara dan bahan bakar, serta sistem pembuangan dengan knalpot lebih besar.

Hasilnya, tenaga mesin V6 3,8 liter turbo ganda naik 44 PS atau menjadi 530 PS @6.400 rpm dan torsi puncak 612 Nm pada 3.200-6.000 rpm. Nissan mengklaim, konsumsi bahan bakar kini 8,6 km/liter.

EGOIST Varian ini merupakan satu-satunya GT-R di dunia yang dibuat oleh takumi atau seorang guru dengan keahlian istimewa. Konsumennya dapat memilih kombinasi 20 pilihan warna untuk interior. Bahkan, sistem audio Bose disetel secara khusus dengan posisi mengemudi setiap konsumen untuk menghasilkan kualitas suara  istimewa.

Di atas bagasi dipasang spoiler dari serat karbon yang berkontribusi menghasikan stabilitas saat mobil dikebut mencapai 300 km/jam. Knalpot titanium serupa dengan SpecV, tak hanya memberi suara yang menggoda, tetapi juga respons akselerasi  lebih baik. Velg aluminium lansiran RAYS yang ringan juga membatu performa makin mantap.

Nissan GT-R terbaru ini dijual di luar Jepang, termasuk Amerika Utara dan Eropa, pada Februari 2011. Nissan juga berencana menjual varian Club Track dan EGOIST di Eropa dan Timur Tengah. Banderol GT-R dimulai dari 8.694.000 yen (Rp 954 juta) untuk Pure Edition hingga 15.000.300 yen (Rp 1,65 miliar) untuk EGOIST.

Daftar Harga Nissan GT-R:

Varian Harga (Yen)
GT-R Pure Edition 8.694.000
GT-R Black Edition 9.303.000
GT-R Premium Edition 9.450.000
GT-R SpecV 15.750.000
GT-R EGOIST 15.000.300

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com