Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dua Juta Prius Terjual di Seluruh Dunia

Kompas.com - 07/10/2010, 17:06 WIB

TOYOTA CITY, KOMPAS.com Mobil hibrida kebanggaan Toyota, Prius, telah terjual 2 juta unit lebih sejak diproduksi secara massal di Jepang pada 1997. Informasi tersebut diumumkan oleh Toyota Motor Corporation pada hari ini.

Tepatnya, sampai akhir September lalu, jumlah Prius yang sudah terjual di seluruh dunia mencapai 2.011.800 unit. Mobil ini dijual di 70 negara dengan pangsa pasar terbesar di Jepang dan Amerika Utara. Versi sekarang merupakan generasi ketiga. Adapun generasi kedua diluncurkan pada 2003.

Prius mulai dipasarkan di Jepang pada 2000. Generasi ketiga menggunakan teknologi yang disebut dengan Toyota Hybrid System II (THS II). Lebih 90 persen dari THS II dirancang ulang pada Prius generasi ketiga, yang menghasilkan konsumsi bahan bakar 38,0 km/liter (berdasarkan standar tes Pemerintah Jepang). Toyota menilai, kemampuan gabungan dua sumber tenaganya sama dengan mobil ini dan mesin konvensional 2,4 liter.

11 ton CO2 Generasi terbaru dilengkapi dengan fitur seperti sistem ventilasi yang menggunakan tenaga surya dan dinilai sebagai langkah maju. Ditambahkan pula, dengan penjualan 2 juta unit lebih tersebut, TMC yakin, Prius berkontribusi mengurangi emisi CO2 sampai 11 juta ton CO2. Hal tersebut merupakan perbandingan dari mesin bensin yang dipakai Prius, ukuran kendaraan, dan cara menggemudikannya dengan mesin bensin lainnya.

Target Toyota untuk selanjutnya adalah menjual satu juta mobil hibrida setiap tahun, yang mulai dicanang pada awal tahun ini.

Komposisi kumulatif penjualan Prius di berbagai kawasan saat ini adalah, di Jepang 826.900 unit, Amerika Utara 939.100 unit, Eropa 206.100 unit, dan negara lainnya 39.700 unit atau total sampai 30 September menjadi 2.011.800 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com