Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lauda: Alonso Bisa Juara Dunia 2010

Kompas.com - 04/10/2010, 19:45 WIB

AUSTRIA, KOMPAS.com — Siapa yang bakal menggondol juara dunia F1 2010? Mark Webber (Red Bull), Fernando Alonso (Ferrari), Lewis Hamilton (McLaren) atau yang lainnya? Mantan juara dunia tiga kali F1 Niki Lauda yakin betul kalau Fernando Alonso yang akan merebut mahkota tersebut meskipun pebalap asal Spanyol itu banyak dikritik akibat adanya team order ketika membalap di Jerman.

Lauda punya alasan kuat memilih juara dunia F1 dua kali (2004 dan 2005) itu. "Dia menyabet juara dunia dua kali bukan secara kebetulan dan saat ini dia adalah pebalap terbaik," komentarnya kepada koran Osterreich, Austria, Senin (4/10/2010).

Cuma itu? Menurut mantan pebalap tim Ferrari, Brabham, dan McLaren itu, ada poin yang lebih mendasar. Ketika membandingkan kecepatan, kecerdasan, dan kemampuan dalam mengambil risiko secara efisien untuk meraih angka maksimal, "Saat ini Alonso-lah yang terbaik," ungkap pria berusia 61 tahun itu. Dia mengakui, Alonso akan bersaing ketat dengan Webber di sisa seri mendatang.

Satu-satunya faktor yang mungkin menggagalkan Alonso dalam meraih juara dunia adalah mobil Red Bull karena sangat superior. Namun, "Dengan komitmen Ferrari dalam mendukung Alonso secara penuh untuk mengejar juara dunia, hal ini sangatlah jelas. Plus, ia punya rekan setim yang bisa diandalkan akan memainkan perannya."

Menurutnya, Ferrari akan melakukan segala cara untuk memuluskan perjuangan Alonso dalam meraih juara dunia. Selain Alonso, pebalap lain seperti Hamilton (peringkat ketiga) dan Sebastien Vettel (keempat) pun sama-sama punya peluang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com