Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebut New Honda Mega Pro 135 Km/jam

Kompas.com - 02/10/2010, 10:32 WIB

TEGAL, KOMPAS.com - Saat Honda New Mega Pro resmi diluncurkan ke pasar, banyak yang menyangsikan kemampuannya. Apalagi keputusan PT Astra Honda Motor (AHM) menggunakan mesin baru berkapasitas 150 cc, lebih kecil dari sebelumnya 160cc. Tapi, keraguan itu telah dibuktikan para riders turing New Mega Pro, jelajah Jawa.

Rombongan riders dari Honda Mega Pro Club (HMPC) chapter Bandung, Depok dan Mega Pro Inc Cirebon membuktikan ketangguhan produk sport terbaru Honda. Saat melintas jalur Cirebon-Tegal berjarak 65 km rombongan diberi kesempatan menggeber New Mega Pro. Hasilnya, kecepatan tertinggi berhasil dicapai salah satu riders.

"Tadi saya sempat tertinggal, jadi saya kebut saja dan di speedometer tampil angka 135 km per jam," ujar Agung Budiman, Ketua HMPC Chapter Bandung, semalam.

Agung mengaku, respon mesin baru New Mega Pro jauh lebih baik ketimbang model lawas. Apalagi bermain di putaran bawah, lebih responsif. Honda membekali sepeda motor ini dengan mesin baru berkapasitas 149,2 cc, 4-langkah, SOHC berpendingin udara yang diklaim mampu menyemburkan tenaga 13,7 PS pada putaran 8.500 rpm dan torsi maksimum 1,31 kgf.m pada putaran 6.500 rpm.

Selain itu, sistem suspensi terbaru motor sport yang mendengungkan konsep "The Real Street Fighter" ini juga makin mantap. Jalanan bergelombang dan berlubang sepanjang Jalur Pantai Utara berhasil dilalap New Mega Pro tanpa masalah berarti.

"Kalau Mega Pro lama memang penyerapan getaran lebih terasa, kalau ini (New Mega Pro) jauh lebih halus," beber Agung.

Hal serupa disampaikan Handi, Ketua HMPC Chapter Tanggerang, "Mungkin karena mono-shock jadi kestabilan serta handling motor jauh lebih enak dari model sebelumnya".

Berangkat ke Madiun Sementara itu, setelah semalam beristirahat di Bahari Inn Tegal rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Madiun melalui dua kota besar Semarang dan Yogyakarta. Riders yang berada di balik setang pun berbeda yakni Honda Mega Pro Club (HMPC) Chapter Semarang 10 orang dan lima wartawan lokal.

Rombongan bertolak dari Tegal pukul 08.05 WIB dan akan menuju pemberhentian di etape pertama turing tahap kedua di Semerang dengan jarak tempuh 37 km. Diprediksi, kedatangan rombongan 11.28 WIB di DP Mall. Gathering kecil akan diadakan menggadeng club lokal disertai hiburan artis setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com