Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ariel Atom V8 Siap Menantang Bugatti Veyron

Kompas.com - 09/09/2010, 11:04 WIB

SOMERSET, KOMPAS.com – Spesialis pembuat mobil sport Inggris - dulu juga dikenal sebagai produsen sepeda motor - Ariel Motor Company, tak mau kalah dalam membuat mobil tercepat. Bulan ini, Ariel Motor memperkenal produk terbarunya, Ariel Atom V8.

Mobil single seater, dengan konstruksi Formula ini bermesin V8, diproklamirkan untuk menantang  mobil tercepat di dunia saat ini, Bugatti Veyron. Untuk itu, Ariel mempersiapkan Atom V8 dengan mesin terbaru V8 yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 507PS.

Aspek yang diyakini  mobil sport "telanjang" ini menyaingin Veyron adalah perbandingan tenaga dan bobotnya, yaitu 922PS per ton atau 50 persen lebih baik dibandingkan Bugatti Veyron. Karena itu, kendati masih dalam proses pengujian, Ariel sudah berani klaim, kemampuan Atom V8  berakselerasi dari 0-96 kpj dalam 2,5 detik. Sedangkan untuk 0-160 kpj di bawah 6 detik.

Penyempurnaan terus dilakukan agar target 2,3 detik dan 5,4 detik bisa dicapai sekaligus mengalahkan Veyron. Mesin dibuat di Amerika Serikat, dengan menyatukan dua buah mesin sepeda motor Suzuki V4 sehingga menjadi V8, 32 katup 3,0 liter.

Ketika dijual nanti, ditawarkan dua pilihan dengan perbedaan tenaga mesin. Untuk versi jalan raya, 482PS, sedang versi balap 507PS dengan respon bukaan gas yang lebih agresif. Atom versi jalan raya dapat mencapai kecepatan puncak 274 kpj, sementara varian balapnya mencapai 322 kpj.

Mesin V8 dapat berteriak hingga 10.600 rpm, keduanya sama-sama menggunakan transmisi 6-speed sekuensial lansiran Sadev. Dengan tuas paddle shift elektro-pneumatik, perpindahan gigi  lebih halus yang berlangsung hanya 40 mili detik, membuatnya tetap bersahabat untuk dipakai di jalan raya.

Atom V8 buatan tangan ini mulai diproduksi awal tahun depan dengan jumlah terbatas, 25 unit. Dikabarkan, telah laku 20 unit dengan bandrol harga  US$ 230.000 per unit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com