Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Wualah", Suzuki Alto Terkena "Wabah Recall"

Kompas.com - 09/02/2010, 08:37 WIB

CHINA, KOMPAS.com - Pabrikan mobil lagi diserang "penyakit" recall (pemanggilan untuk perbaikan). Setelah Toyota dan Honda, menyusul kini Suzuki Motor Corp (SMC), hanya terjangkitnya di China yang akan di-recall 10.000 unit Suzuki Alto.

Masalah diperkirakan timbul dari sistem filter bahan bakar yang tak berfungsi seperti seharusnya. Hal ini ditemukan oleh institusi pemerintahan China yang bergerak di bidang administrasi penjamin kualitas, inspeksi, dan karantina produk (General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine/GAQSIQ), seperti dikutip People's Daily oleh autoevolution.com, (8/2/2010). Kerusakan ditengarai terjadi karena kesalahan dalam proses produksi.

Recall dilakukan untuk produk keluaran antara 6 Juli 2009 hingga 17 Januari 2010. Pihak Suzuki langsung merespon kondisi ini dengan menciptakan pusat layanan informasi dan berjanji akan memperbaiki permasalahan secara cuma-cuma.

Di sisi lain, pada tahun ini pabrikan berjanji akan meningkatkan status keamanan Alto setelah hanya menerima nilai tiga bintang dalam tes keamanan Eropa. Tony Devers selaku General Manager Suzuki Australia menegaskan, hasil tes tak bisa digeneralisasikan ke negara lain.

"Pelanggan telah melihat berbagai cerita tentang Alto menerima tiga bintang di Eropa. Alto tersebut di tes tak berdasarkan spesifikasi yang ada di Australia yang dilengkapi dengan fitur keamanan standar seperti enam titik airbags, termasuk kantung udara di kaca samping. Tahun ini Alto juga akan ditawarkan lebih irit dan masuk kategori termasuk paling aman di kelasnya," papar Devers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com