Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari, Yamaha Memimpin Pasar

Kompas.com - 08/02/2010, 08:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lepas bulan pertama 2010, Yamaha menguasai pasar motor untuk Januari. Mengacu data penjualan yang diperoleh Kompas.com, dari empat merek teratas, Yamaha, honda, Suzuki, dan Kawasaki berhasil menjual total 501.525 unit atau menguat 36,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 367.736 unit.

"Meski belum ada data resmi, tapi pasar cenderung menguat. Kira-kira Januari akan ada di sekitar 500.000 unit ke atas lah," ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Shinduwinata di Cibubur, (6/2/2010).

Secara mengejutkan, Yamaha berhasil mengambil tahta pimpinan sementara dengan angka penjualan tertinggi 239.340 unit bulan lalu. Sementara pemimpin pasar tahun lalu, Honda harus puas di posisi kedua dengan torehan jualan 216.041 unit, diikuti Suzuki 40.225 unit, dan Kawasaki 5.919 unit.

Meski memimpin, PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI) selaku ATPM motor Yamaha cenderung dingin menanggapi situasi ini. Vice President Director YKI Dyonisius Beti, kepada Kompas.com, Minggu, (7/2/2010) mengatakan, target utama Yamaha bukan memenangkan persaingan dengan Honda dari angka penjualan. "Fokus kami, memenangkan hati pelanggan. Angka penjualan AISI tidak mencerminkan penjualan sebenarnya. Infonya, angka retail sales Honda lebih besar dari angka AISI, jadi tak tepat dibilang Honda kalah," tegas Dyon.

Kemenangan Yamaha di awal tahun ini, lanjut Dyon, seolah-olah mencerminkan hasil tes Valentino Rossi (pembalap MotoGP tim Fiat Yamaha-Red) di Sepang, Malaysia yang mampu menjadi yang tercepat. "Ini pertanda baik," lanjut Dyon.

Di pihak lain, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen sekaligus ATPM motor Honda juga cenderung tenang. Salah seorang eksekutif AHM menyatakan, penurunan distribusi (wholesales) yang terjadi di awal 2010 memang sesuai skenario yang direncanakan pabrikan.

Honda sengaja menekan angka penyaluran produk lawas ke dealer di seluruh Indonesia untuk mempersiapkan hadirnya produk baru. "Strategi ini sengaja di set-up. Dengan adanya produk baru maka perlu disesuaikan distribusi produk lawas dari pabrik ke dealer," ujar sumber tersebut, tanpa mau disebutkan namanya.

Nah, sudah mulai terbukti tahun ini akan menjadi puncak persaingan dua raksasa produsen motor di Indonesia, Yamaha dan Honda. Apa Honda masih bisa terus mempertahankan kedudukan sebagai penjual terbanyak motor di Indonesia, tenang masih tersisa 11 bulan lagi.

Penjualan Motor Januari 2010

MerekJumlah (unit)
Yamaha239.340
Honda216.041
Suzuki 40.225
Kawasaki   5.919
Total501.525

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com