Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2010, Isuzu Targetkan Penjualan 18.000 unit

Kompas.com - 16/10/2009, 17:58 WIB

LEMBANG, KOMPAS.com-PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), produsen dan distributor (hanya untuk kendaraan komersial) Isuzu di Indonesia, menaikan terget penjualannya tahun depan sekitar 20 persen atau menjadi 18.000 unit.

Tahun ini, Isuzu menargetkan penjualan 15.000 unit. Hal itu disampaikan oleh Wakil Direktur IAMI Johannes Nangoi, yang yakin tahun depan akan terjadi pertumbubahan pasar.

Dijelaskan, meski terjadi penurunan pasar pada tahun ini, tetapi dengan membaiknya pertumbuhan makro ekonomi pada 2010, akan berdampak positif pada penjualan kendaraan di Indonesia. Terutama di kategori kendaraan komersial yang merupakan salah satu andalan Isuzu di Indonesia.

"Tahun depan, kami prediksi total pasar mobil nasional mencapai 550.000 unit. Meski presentase kenaikan kendaraan komersil tak sebesar segmen mobil penumpang," ujar Nangoi dalam Workshop Wartawan Industri dengan PT Astra International Tbk di Lembang, Jumat (16/10).

Tahun depan Isuzu, lanjut Nangoi, akan tetap berkonsentrasi menggarap kendaraan komersil di pasar domestik.

Target Ekspor
IAMI juga akan melanjutkan ekspor Panther dalam bentuk CKD ((Component Knock Down) ke Vietnam, Filipina dan India tahun depan. Targetnya dinaikkan 10 persen dibandingkan tahun ini dengan nilai US $27,5 juta. Ta hun ini nilai ekspor Isuzu dari Indonesia US $25 juta.

Di India, jelas Nangoi, penjualan produk Panther mencapai 2.500 unit per bulan. Sementara, di Vietnam dan Filipina, setiap bulannya sekitar 500 unit. "Jadi, kalau jumlah unit komponen yang kita kirim, ya total dari penjualan di ketiga negara tersebut. Kita kirim body partsdan lain-lainya," lanjut Nangoi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com