Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jagoan Suzuki di TMS 41: All-New Alto dan Swift Hibrida

Kompas.com - 01/10/2009, 10:57 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Tiga minggu menjelang pembukaan Tokyo Motor Show (TMS) ke- 41, produsen mobil dan sepeda motor Jepang mulai ramai merilis produk yang akan dipamerkan. Salah satunya adalah Suzuki.

Hari ini, Suzuki mengumumkan, pada TMS 2009 nanti mereka akan memamerkan mobil dan sepeda motor. Di samping itu, juga ada kursi roda listrik yang menggunakan sel bahan bakar metanol. Tema yang diusung ”Small Car Fit a Big Future”.

Berikut ini adalah mobil konsep yang akan dipamerkan oleh Suzuki.

All-New Alto Concept
Menurut Suzuki, penciptaan mobil kecil mengarah ke masa depan kendaraan kecil. Konsepnya menggabungkan kinerja, irit bahan bakar, dan pencitraan yang cocok untuk orang-orang muda.

Penampilan Alto ini tidak lagi mempertimbangkan aspek umur dan jender. Dengan ini, Suzuki mengharapkan Alto Concept ini memenuhi keinginan konsumen terhadap mobil kecil yang menyenangkan.

Mobil ini juga direkayasa dengan pengoperasian yang makin mudah, mulai dari tongkat pemindah gigi di lantai, tombol-tombol kontrol dan operasional, serta ruang bagasi yang nyaman untuk semua usia.

Swift Hibrida Plug-in
Suzuki juga terjangkiti virus hibrida. Untuk ini, akan dipamerkan Swift hibrida plug-in. Tipe hibrida yang dipilih adalah seri. Oleh karena itu, yang digunakan adalah motor bakar, baterai, dan generator. Mobil ini merefleksikan bahwa ia digunakan sehari-hari untuk jarak dekat, misalnya belanja ke mal atau pasar swalayan.

Swift hibrida digerakkan oleh energi baterai yang bisa diisi dengan menggunakan soket listrik rumah. Ketika baterai tinggal sedikit, mesin pada mobil ini akan hidup, menggerakkan generator untuk mengisi baterai. Targetnya pembeli mobil ini adalah para komuter yang hanya menggunakan mobil sejauh 20 km setiap harinya.

SX4-FCV (Fuel-Cell Vehicle)
SX4-FCV, yang sudah pernah dipamerkan, menggunakan teknologi gabungan sel bahan bakar General Motors dengan tangki hidrogen yang dikembangkan Suzuki. Ciri khas tangki hidrogen Suzuki ini adalah ringan, tetapi bisa menahan tekanan sampai 70 MPa. Kapasitor yang digunakan juga kompak.

Pengembangan baru dari mobil ini adalah teknologi energy brake recovery, dan selanjutnya dimanfaatkan bila mobil berakselerasi.

Tampaknya, Suzuki sudah ingin mengejar target komersial mobil ini secepatnya. Karena itu, mobil ini sekarang dites untuk penggunaan di jalanan umum.

MIO (Kursi Roda Listrik)
Suzuki juga akan memamerkan kursi roda listrik MIO yang menggunakan sel bahan bakar metanol sebagai pengganti baterai konvensional. Metanol digunakan dalam bentuk cartridge dan disiapkan pula serepnya. Dengan ini, pemakai MIO tak perlu khawatir kehabisan bahan bakar.

Selain kendaraan konsep, Suzuki juga memamerkan mobil yang sudah dipasarkan sekarang, yakni Wagon R, Lapin, Pallete SW, Splash, Swift, SX4, Jimny dan Escudo atau di Indonesia dikenal dengan Grand Vitara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com