Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cherokee Country Siap Menerabas Banjir dan Lumpur

Kompas.com - 06/11/2008, 07:19 WIB

Masuk musim hujan ini, banyak jalan-jalan tergenang air alias banjir yang tingginya bisa sampai sepinggang. Menghadapi "kolam tak bertepi" itu, mobil biasanya langsung ciut. Solusinya, meninggikan bodi kendaraan seperti Jeep Cherokee Country 1998 milik Thomas Wahyu a.k.a Tommy dari Medan, Sumatra Utara.

Air setinggi balita diterabas enteng mobil bikinan Amerika yang sudah dimodifikasi bergaya off-road itu. Apalagi pada dapur pacu sudah dipasang berlalai gajah alias snorkle. Sehingga diajak ke medan tanah dan lumpur pun siap tempur.

Kunci meninggikan bodi Cherokee dengan memenahi kaki-kaki dan under carriage. Meliputi drop kit, lower arm, upper arm, coil spring, leaf spring, shock absorber, shock steering, bumps stop, trackbar dan rear shackle. Semula, Tommy mengandalkan Rubicon Express 5 inci dan Old Man Emu untuk Leaf Spring, "Tapi rasanya masih kurang tinggi," papar Tommy.

Pilihan akhirnya pada Skyjacker. Malah Tommy merasa pengendalian mobil tambah oke. Sekalipun keempat kaki sudah menggunakan ban ukuran 33, tak takut kehilangan tenaga lantaran sudah mengganti final gear ukuran 4:5:6. Termasuk juga sistem pembuangan yang di up-grade, seperti header berkonfigurasi 6-2-1. "Tenaga lebih responsif dan bertambah sekitar 15 dk," bilang Tommy.

Karena mobil ini siap diajak ke medan off-road, bagian bawah diperkuat lagi. Seperti cover gardan diganti dengan merk ARB. Termasuk juga bumper depan berikut bullbar, tire hanger, jerrycan belakang skid plate Warn untuk transfercase dari ARB.

Untuk pemasangan bumper belakang sedikit dilakukan modifikasi. Karena penahan benturan itu sebenarnya untuk Cherokee early edition. Agar pas, pintu mau tak mau harus dipotong sedikit, selain itu supaya tidak mentok dengan ban serep dan jerrycan.

Di musim hujan ini, Cherokee milik Tommy bakal jadi raja jalanan yang siap jadi penolong mobil mogok.(Diesta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com