Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Mobil Bekas Banjir Bisa Disamarkan dengan Cat Interior

Kompas.com - 04/09/2024, 10:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan ekonomis, tetapi konsumen harus berhati-hati terhadap beberapa trik yang mungkin digunakan penjual untuk menyembunyikan kerusakan, terutama jika mobil tersebut pernah terendam banjir.

Jeffrey Andika, Co-Founder & CEO Otospector, mengungkapkan bahwa salah satu indikasi mobil bekas banjir adalah karat pada besi-besi interior, terutama di bawah jok.

Namun, Jeffrey mengingatkan bahwa ada penjual yang mencoba menutupi kerusakan ini dengan mengecat besi yang berkarat.

Baca juga: Indonesia Rajai Pasar Roda Dua ASEAN Semester I-2024, Filipina Ancam Thailand

"Kadang ada yang untuk menutupi karat, besinya dicat, padahal seharusnya tidak dicat," jelas Jeffrey kepada Kompas.com, Selasa (4/9/2024).

Mengecat besi interior yang berkarat dapat mengaburkan indikasi bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir, sehingga calon pembeli tidak menyadari potensi masalah besar yang mengintai.

"Jika Anda menemukan besi di bawah jok yang tampak mulus tetapi dicat, itu bisa menjadi tanda bahwa mobil tersebut mengalami kerusakan akibat banjir," tambah Jeffrey.

Mobil bekas banjir bisa disamarkan dengan cat interior.kompas.com Mobil bekas banjir bisa disamarkan dengan cat interior.

Karat pada besi interior bukan hanya soal estetika, tetapi juga bisa menunjukkan kerusakan yang lebih serius pada komponen lain yang tidak terlihat.

Ia juga menganjurkan pembeli untuk lebih teliti dalam memeriksa kondisi mobil, terutama pada bagian-bagian yang tidak selalu terlihat.

Baca juga: Sempurna di Aragon, Marc Marquez Siap Meraih Kemenangan Berikutnya

"Jangan mudah terpengaruh oleh tampilan luar yang tampak rapi. Periksa dengan seksama bagian dalam mobil, terutama area yang biasanya tidak diperhatikan, seperti bagian bawah jok," kata Jeffrey.

Bagi konsumen yang kurang yakin, Jeffrey menyarankan untuk menggunakan layanan inspeksi profesional yang bisa membantu mengidentifikasi tanda-tanda mobil bekas banjir atau kerusakan lainnya yang mungkin disembunyikan oleh penjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau