Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara PO Cititrans Menangani Perubahan Jadwal Keberangkatan Penumpang

Kompas.com - 30/07/2024, 13:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dalam upaya memberikan pelayanan optimal kepada penumpang, Bus Cititrans Busline memprioritaskan efisiensi dan ketepatan waktu disetiap perjalanan.

Terkadang, untuk memastikan perjalanan tetap lancar dan tepat waktu, jadwal keberangkatan bus dapat dimajukan jika diperlukan.

Seperti yang dialami oleh tim Kompas.com saat akan melakukan perjalanan ke Jakarta ke Yogyakarta, Jawa Tengah menggunakan Cititrans. Jadwal keberangkatan dimajukan karena saat diinformasikan dari titik awal berangkat hanya ada satu penumpang.

Namun, bagaimana jika penumpang terlambat atau lebih memilih membatalkan perjalanan?

Baca juga: Altic Gelar Touring Sambil Kampanyekan Gerakan Karbon Netral

Bocoran bus baru PO CititransInstagram @voxy.1tr Bocoran bus baru PO Cititrans

Yuma, Trip Attendant Cititrans rute Yogyakarta-Jakarta mengatakan, jam keberangkatan dimajukan ini bisa saja terjadi, dan perusahaan akan melakukan konfirmasi kepada penumpang.

“Kita kan pasti konfirmasi ulang sebelum kita lepas dari Bluebird Jogja itu kita pasti konfirmasi ulang lewat trip attendant akan whatsapp,” kata Yuma kepada Kompas.com, belum lama ini.

“Misalnya masih prepare atau macet pasti kita akan tunggu 15 menit, semisal ada konfirmasi dari penumpang ya nanti ditinggal tidak apa-apa atau misalkan penumpang minta refund atau tidak,” lanjut Yuma.

Yuma juga mengatakan, jika penumpang batal melakukan perjalanan karena jam keberangkatan diajukan ini bisa mendapat refund tiket.

Refund bisa, bisa 100 persen atau diganti voucher oleh pihak management,” ucap Yuma.

Berdasarkan laman resmi Cititrans juga dijelaskan, refund atau pengembalian dana bisa dilakukan tapi dengan syarat, Proses pengajuan refund atau pengembalian dana dapat dilakukan maksimal 24 jam sebelum jam keberangkatan.

Baca juga: Hino Tawarkan Solusi untuk Perkembangan Kendaraan Niaga di Indonesia


Dijelaskan juga, jumlah uang yang akan diterima akan dipotong Rp 20.000 sebagai biaya administrasi, dan refund hanya dapat dilakukan melalui Website dan Mobile Aplikasi.

Yuma mengatakan, perubahan jadwal keberangkatan seperti ini memang beberapa kali terjadi, karena unitnya yang buat pulang pergi.

“Karena unit kita yang untuk Jogja-Jakarta itukan tektok (pulang pergi), dulu itu sempat sampai terminal Giwangan, terminal Jombor gitu kan banyak memakan banyak waktu jadinya waktu di Ciputat nanti akan bentar, jadi sekarang diubah biar gak delay (menunda),” kata Yuma.

“Kalau sampai di Ciputat terlambat nanti jam keberangkatan berikutnya juga akan mundur, apalagi saat ini unitnya untuk Jogja baru dua, satu keberangkatan pagi dan satu lagi sore, kalau unit jalan semua itu aman ” lanjut Yuma.

Dengan kata lain, kebijakan fleksibel dan sistem konfirmasi yang baik ini, Cititrans berusaha untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan penumpang dalam setiap perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau