Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Komunitas Soal Pembatasan Pembelian BBM Subsidi

Kompas.com - 12/07/2024, 10:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan pembelian BBM subsidi kabarnya akan segera diterapkan. Masyarakat juga didorong untuk menggunakan Pertamax Green 95. Kebijakan tersebut turut didukung oleh para komunitas mobil.

Namun, jika harus beralih ke Pertamax Green 95, sepertinya masih ada keraguan. Pasalnya, selisih harganya sangat tipis dengan Pertamax Turbo yang memiliki nilai oktan lebih tinggi, yakni RON 98.

Baca juga: Pembatasan BBM Subsidi mulai 17 Agustus, Beralih ke Bioetanol

Saat ini, untuk wilayah Jabodetabek, Pertamax Green 95 dipasarkan dengan harga Rp 13.900. Sedangkan Pertamax Turbo per Juli 2024, harganya hanya Rp 14.400.

Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina

Gunawan, dari komunitas Daihatsu Sirion bernama Sirionity, mengatakan, bagi dirinya tidak masalah jika harus mengikuti peraturan pemerintah.

"Tapi, masih banyak masyarakat lainnya yang penghasilannya cukup rendah mungkin belum bisa menerima masalah pembatasan pembelian BBM subsidi," ujar Gunawan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Pertamina Targetkan 100 SPBU Pertamax Green 95 di 2024

Soal penggunaan Pertamax Green 95, Gunawan mengatakan, dirinya juga sudah pernah mencoba menggunakan jenis bahan bakar tersebut. Tapi, jika disuruh memilih, dia lebih memilih Pertamax Turbo.

Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95Dok. Pertamina Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95

"Kalau bagi saya, pasti ambil Pertamax Turbo. Beda Rp 500, tapi kualitasnya bagus. Tapi, bagi orang yang memikirkan harga, tidak ke kualitasnya, pasti memilih yang lebih murah," kata Gunawan.

Sedangkan menurut Nandang, dari komunitas Toyota Sienta bernama Tosca, mengatakan, dirinya setuju dengan pembatasan pembelian BBM subisidi. Tapi, kalau soal Pertamax Green 95, masih memikirkan apakah ada dampak sampingnya atau tidak.

Untuk produk jenis gasoline (bensin), Pertamax Turbo disesuaikan menjadi Rp15.450 per liter, dari sebelumnya Rp14.650. Kemudian untuk produk jenis gasoil (diesel) yakni Pertamina Dex mengalami penyesuaian menjadi Rp17.550 per liter dari sebelumnya Rp17.450 per liter sejak penyesuaian harga terakhir dilakukan pada 3 Januari 2023.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Untuk produk jenis gasoline (bensin), Pertamax Turbo disesuaikan menjadi Rp15.450 per liter, dari sebelumnya Rp14.650. Kemudian untuk produk jenis gasoil (diesel) yakni Pertamina Dex mengalami penyesuaian menjadi Rp17.550 per liter dari sebelumnya Rp17.450 per liter sejak penyesuaian harga terakhir dilakukan pada 3 Januari 2023.

"Sebab, kita belum dapat sosialisasi terkait Pertamax Green 95 pada mobil dari pihak Pertamina dan pihak produsen mobil. Mungkin sosialisasinya lebih ditingkatkan lagi ke masyarakat," ujar Nandang.

Begitu pula dengan Sisca, dari komunitas Toyota Innova bernama Innova Community. Dia pun mengaku akan lebih memilih Pertamax Turbo dibandingkan dengan Pertamax Green 95.

"saya pribadi lebih memilih pakai (Pertamax) Turbo, karena nilai oktannya lebih tinggi. Mobil bensin saya kan tidak setiap hari dipakai. Jadi, saya merasa lebih aman pakai yang Turbo, karena takut karatan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau