Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Sebut Pertamax Green 92 Pengganti Pertalite Masih Dikaji

Kompas.com - 17/01/2024, 18:08 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun lalu, PT Pertamina (Persero) sudah mengusulkan agar Pertalite dihapuskan pada 2024. Setelah berganti tahun, kabar tersebut kembali santer di masyarakat.

Usulan Pertamina tersebut berdasar pada Program Langit Biru tahap dua. Dalam program tersebut, rencananya BBM subsidi akan dinaikkan dari RON 90 ke RON 92.

Baca juga: Pembelian BBM Pertalite Bakal Dibatasi

Pasalnya, aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan bahwa nilai oktan yang boleh dijual di Indonesia minimal 91. Sehingga, emisi yang dihasilkan juga bisa lebih ramah lingkungan.

Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95Dok. Pertamina Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95

Tahun lalu, Pertamina sudah mengusulkan akan mengganti Pertalite dengan Pertamax Green 92. BBM jenis tersebut didapatkan dari campuran Pertalite dengan 7 persen etanol.

Saat ini, baru ada Pertamax Green 95 yang merupakan campuran antara Pertamax (RON 92) dengan 8 persen etanol.

Baca juga: Kuota Pertalite pada 2024 Turun, Ini Penjelasannya

Saat dikonfirmasi mengenai penghapusan Pertalite dan diganti dengan Pertamax Green 92, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, mengatakan, pihaknya masih melakukan pengkajian dan evaluasi.

Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pemerintah berencana menghapus BBM RON 88 Premium  dan RON 90 Pertalite sebagai upaya  mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pemerintah berencana menghapus BBM RON 88 Premium dan RON 90 Pertalite sebagai upaya mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.

"Pengembangan Pertamax Green 92 masih dalam aspek kajian produk, dan saat ini Pertamina Patra Niaga masih fokus untuk pengembangan Pertamax Green 95," ujar Irto, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/1/2024).

Penyebaran Pertamax Green 95 saat ini masih sangat terbatas. Untuk wilayah Jakarta, baru ada di lima titik, yakni SPBU MT Haryono, SPBU Fatmawati 1, SPBU Fatmawati 2, SPBU Lenteng Agung, dan SPBU Sultan Iskandar Muda Kebayoran Baru.

PT Pertamina (Persero) secara resmi mulai menjual Pertamax Green 95 pada 24 Juli 2023. KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY PT Pertamina (Persero) secara resmi mulai menjual Pertamax Green 95 pada 24 Juli 2023.

"Rencana akan ada perluasan di tahun ini. Untuk suplainya juga sudah kita siapkan di Integrated Terminal Jakarta," kata Irto.

Terkait jumlah penambahan SPBU untuk Pertamax Green 95, Irto hanya mengatakan sedang dipersiapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com