Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha, Lalu Lintas Menuju Trans-Jawa dan Bandung Bakal Ramai

Kompas.com - 14/06/2024, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sebanyak 842.227 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024.

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini diprediksi naik 25,53 persen jika dibandingkan lalin normal (670.913 kendaraan).

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans-Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Baca juga: Kendaraan Tidak Bayar Pajak, Data Kepemilikan Bisa Dihapus

Tarif Tol Cipularang 2022.Jasa Marga Tarif Tol Cipularang 2022.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah, yaitu mayoritas sebanyak 409.536 kendaraan (48,63 persen) menuju arah timur (Trans-Jawa dan Bandung).

Kemudian sebanyak 239.746 kendaraan (28,47 persen) menuju arah barat (Merak), dan 192.945 kendaraan (22,91 persen) menuju arah selatan (Puncak).

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, pihaknya memprediksi puncak kendaraan meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada Sabtu (15/6/2024).

Baca juga: Format SIM Baru Berlaku Juli 2024, Simak Syarat Pembuatannya

Ketika puncak arus liburan Idul Adha, volume lalu lintas diperkirakan mencapai 195.966 kendaraan atau naik 32,94 persen terhadap lalin normal.

“Dengan melihat peningkatan volume kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal,” ujar Faiza dalam keterangan resmi, Kamis (13/6/2024).

“Terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk ke arah Trans-Jawa dan Bandung serta Jalan Tol Jagorawi untuk yang menuju arah Puncak dan sekitarnya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com