Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Merek Mobil Baru dari China Siap Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 01/06/2024, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Handal Indonesia Motor (HIM) memastikan bakal ada tiga merek mobil baru asal China yang siap diproduksi di Tanah Air.

Denny Siregar, Presiden Direktur PT HIM menyebut, akan ada tiga merek baru dari China yang unti mobilnya siap diproduksi di pabrik PT Handal Indonesia Motor.

Rencananya mobil tersebut akan diproduksi di fasilitas baru milik Handal, di Purwakarta, dengan luas lahan 38 hektar.

“Ada beberapa lagi yang sampai saat ini belum bisa beri tahu di sini. Masih dalam proses, dalam waktu dekat ada tiga brand lagi dari China semua,” ucap Denny, saat ditemui Kompas.com, di Bekasi, Jumat (31//2024).

Baca juga: Hasil Practice MotoGP Italia 2024, Bagnaia Tercepat

Denny masih enggan menyebutkan secara rinci terkait merek mobil China apa yang akan masuk ke pasar Indonesia. Namun, disinyalir, produsen asal Negeri Tiongkok itu bakal menawarkan pilihan kendaraan listrik.

Neta V resmi diproduksi di IndonesiaKompas.com/Nanda Neta V resmi diproduksi di Indonesia

“Sekarang yang seksi mobil listrik. China memang paling maju soal itu (mobil listrik). Tetapi mereka tetap punya ICE, tetapi inisiatifnya besarnya mobil listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV),” kata Denny.

Sebagai informasi, saat ini sudah ada tiga merek yang merakit produknya di pabrik Handal, yakni Chery, Neta, dan Jetour. Untuk Jetour, Denny mengatakan, kontraknya sudah berjalan dan akan mulai diproduksi pada akhir 2024.

“Jetour akhir tahun (mulai produksi)," kata Denny.

Baca juga: Produsen Oli Ini Raih Penghargaan Bergengsi

Sepak terjang Handal sebagai pabrik mobil sudah berlangsung lama. Pabrik pertama dibangun oleh PT Zastam Motor Indonesia pada 1975, dan sempat menjadi pabrik perakitan Nissan pada 1976 sampai 1980-an.

Pada tahun 2000-an, namanya berganti menjadi PT Hyundai Indonesia Motor yang hanya fokus merakit mobil Hyundai. Kemudian pada November 2020 berganti nama menjadi PT Handal Indonesia Motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com