Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Engine Brake Bisa Merusak Transmisi Matik | Video Polisi Tegur Anak Naik Sepeda Listrik | Cerita Pengendara Fortuner Kecelakaan karena Aquaplaning

Kompas.com - 24/05/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang penasaran mengapa sering melakukan engine brake bisa merusak transmisi matik. Selain itu, banyak juga yang ingin tahu aturan soal sepeda listrik.

Tak ketinggalan, banyak pembaca yang tertarik dengan cerita pengendara Toyota Fortuner kecelakaan karena aquaplaning. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif pada Kamis (23/5/2024):

1. Sering Melakukan Engine Brake Bisa Merusak Transmisi Matik

Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT

Saat melewati turunan untuk mengurangi kecepatan, pengemudi bisa melakukan engine brake, termasuk pada mobil dengan transmisi matik. Namun, penggunaan engine brake harus dilakukan dengan benar, sebab jika tidak bisa merusak transmisi.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, proses engine brake wajib dilakukan saat melewati jalan menurun, terjal dan panjang.

Baca juga: Sering Melakukan Engine Brake Bisa Merusak Transmisi Matik

2. Benda Luncurkan LFC 700, Motor Cruiser Empat Silinder dengan Ban Tebal

Benda LFC 700BENDA Benda LFC 700

Merek motor Benda terus menghadirkan motor dengan tampilan yang unik. Kali ini namanya Benda LFC 700, motor bergaya cruiser dengan ban belakang super tebal, 310mm, seperti mobil sport.

Dikutip dari Visordown, LFC 700 baru akan dipasarkan di Perancis, jadi cruiser dengan mesin empat silinder pertama dari Benda. Desainnya super unik ala motor Benda, bahkan di bagian depan, seperti ada turbin angin di mesin pesawat.

Baca juga: Benda Luncurkan LFC 700, Motor Cruiser Empat Silinder dengan Ban Tebal

3. Video Polisi Tegur Anak Naik Sepeda Listrik, Begini Aturannya

Dilansir dari Instagram @jakarta.terkini, sebuah sepeda listrik terpantau tengah dikendarai empat orang bocah di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/5/2024) sore.Screenshot Instagram @jakarta.terkini Dilansir dari Instagram @jakarta.terkini, sebuah sepeda listrik terpantau tengah dikendarai empat orang bocah di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/5/2024) sore.

Sepeda listrik tengah menjadi tren di kalangan anak-anak. Belakangan alat transportasi ini mulai banyak dipakai di jalan raya. Padahal sepeda listrik hanya boleh digunakan di lokasi tertentu saja.

Dilansir dari Instagram @jakarta.terkini, sebuah sepeda listrik dikendarai empat orang bocah di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/5/2024) sore. Petugas kepolisian dari Satlantas Jakarta Pusat pun melakukan teguran terhadap keempat bocah tersebut.

Baca juga: Video Polisi Tegur Anak Naik Sepeda Listrik, Begini Aturannya

4. TVS iQube Model Baru Meluncur, Jarak Tempuh Mencapai 140 Km

TVS iQube model baru meluncurDok. Greatbiker TVS iQube model baru meluncur

Motor listrik TVS iQube mendapatkan ubahan dari sisi tenaga yang lebih besar dan daya jangkau baterai yang lebih jauh.

Dilansir dari Greatbiker (22/5/2024), TVS iQube telah meluncur di India selama kurang lebih 3 tahun dan telah dipasarkan di india sepanjang 2 tahun. Sebelumnya, motor listrik ini memiliki tenaga 4,4 kW atau setara 5,9 Tk dengan baterai 2,25 kWh, serta jangkauan 75 Km sekali pengisian daya.

Baca juga: TVS iQube Model Baru Meluncur, Jarak Tempuh Mencapai 140 Km

5. Cerita Pengendara Fortuner Kecelakaan karena Aquaplaning

Hujan deras selama arus balik lebaran 2023, wasbadai bahaya aquaplaning di jalan tolFlickr/MichaelC Hujan deras selama arus balik lebaran 2023, wasbadai bahaya aquaplaning di jalan tol

Kejadian aquaplaning banyak terjadi saat mobil melewati jalanan yang tergenang air dan dalam kecepatan tinggi. Faktor utamanya memang pada ban, cuma cara mengemudi juga jadi penyebabnya.

Akun Davirel182 di Tiktok menceritakan pengalaman keluarganya yang mengalami aquaplaning saat mengemudi di jalan tol. Menggunakan Toyota Fortuner, berdasarkan rekaman CCTV, mobil hilang kendali sampai keluar medan jalan.

Baca juga: Cerita Pengendara Fortuner Kecelakaan karena Aquaplaning

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com