Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Sirion Listrik Prototipe Tampil Perdana di Malaysia

Kompas.com - 22/05/2024, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perodua, perusahaan otomotif asal Malaysia, meluncurkan versi purwarupa dari mobil listrik yang menggunakan basis Myvi. Seperti diketahui, Myvi sendiri merupakan kembaran dari Daihatsu Sirion untuk pasar Indonesia.

Mobil listrik prototipe ini disebut sebagai Myvi Conversion. Dari namanya, bisa dibilang ini merupakan konversi dari versi Sirion atau Myvi konvensional, sama halnya seperti yang sebelumnya pernah ditampilkan Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk Ayla dan Gran Max.

Dalam keterangan resminya, Presiden dan Chief Executive Officer Perodua, Dato' Sri Zainal Abidin Ahmad mengatakan, Myvi Conversion akan menjadi landasan bagi Perodua untuk membangun teknologi kendaraan elektrifikasinya.

Baca juga: Penjualan LCGC Anjlok Usai Lebaran 2024, Sigra-Calya Terlaris

Perodua Myvi konversiPAULTAN Perodua Myvi konversi

Prototipe Sirion listrik sendiri terdiri tiga bagian utama. Mulai power bench, power converter, serta keseluruhan daya dan desain yang dibuat di Malaysia.

Sementara untuk pengembangan teknologi konversi daya, dilakukan dengan menggandeng perusahaan Australia.

"Pengembangan power bench ini dilakukan oleh kami (Perodua) yang bermitra dengan tiga universitas lokal – Universiti Tenaga Nasional, Universiti Kuala Lumpur, dan Universiti Putra Malaysia untuk sepenuhnya memahami teknologi ini dan menjadikannya milik kami," ucap Dato' Sri Zainal Abidin Ahmad, disitat dari situs resmi Perodua, Rabu (22/5/2024).

Baca juga: Toyota Rangga Cocok buat Campervan

Perodua Myvi konversiPAULTAN Perodua Myvi konversi

Adapun proses kolaborasi purwarupa Sirion listrik dilakukan sejak September 2022. Perodua bersama ketiga universitas gotong royong dalam pengembangan powertrain untuk kendaraan listrik dari awal, yang dengan demikian dapat meningkatkan keahlian dan kemampuan masing-masing.

Pemilihan Perodua Myvi sebagai purwarupa untuk kendaraan listrik berbasis city car lima penumpang dilakukan karena model tersebut telah menarik imajinasi dan perhatian sebagian besar masyarakat di Malaysia.

Baca juga: Bukan Cuma Aki, Ini Komponen yang Rusak jika Mobil Jarang Dipakai

Perodua Myvi konversiPAULTAN Perodua Myvi konversi

"Ini adalah permulaan bagi kami, dan kami ingin menjadikan permulaan ini se-Malaysia. Perodua EV pertama sebenarnya akan terlihat berbeda dari apa yang dipamerkan di sini (Malaysia Auto Show 2024), namun yakinlah bahwa harinya akan segera tiba," kata Dato' Sri Zainal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com