Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengecek Kualitas Oli Bisa Dilihat dari Warnanya

Kompas.com - 04/05/2024, 10:02 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menjaga kualitas oli mobil merupakan langkah penting dalam mempertahankan kinerja optimal mesin kendaraan.

Salah satu cara untuk cek kualitas oli mobil yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri adalah dengan memperhatikan warnanya.

Caranya cukup dengan membuka dipstick oli mobil, kemudian perhatikan bagaimana warnanya apakah masih jernih atau sudah menghitam.

Baca juga: Korlantas Sebut Nopol Khusus Kode ZZ Tidak Kebal Ganjil Genap

Kontrol warna oli tentukan kondisi mesin.enginebasics.com Kontrol warna oli tentukan kondisi mesin.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, warna oli cenderung menunjukkan kualitas oli itu sendiri.

Warna oli baru rata-rata kuning kecoklatan dan jernih, makin lama akan semakin hitam,” kata Muchlis kepada Kompas.com, Jumat (3/5/2024).

Muchlis juga mengatakan, perubahan warna pada oli ini bisa menjadi indikasi waktunya ganti oli.

Baca juga: Akhir Pekan ke PEVS 2024, Simak Harga Tiketnya


Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka mengatakan, masing-masing warna mulai dari jernih hingga hitam itu mewakili kondisi mesinnya seperti apa.

“Tapi memang bila untuk benar-benar memastikan lagi, pemilik kendaraan tetap harus ke bengkel, nanti ada teknisi yang melakukan pengecekan lebih pasti,” kata Suparna.

Menurut Suparna, warna oli bisa mewakili kondisi di mesin, tapi hanya sebagai untuk indikasi awal. Jadi tidak langsung menandakan bisa mesin rusak atau sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com