Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Mogok Secara Tiba-tiba di Perjalanan, Coba Lakukan Ini

Kompas.com - 27/04/2024, 15:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


KLATEN, KOMPAS.com - Mobil bisa mogok tiba-tiba setelah dioperasikan cukup lama dengan penyebab yang beragam.

Masalah demikian akan lebih mudah ditangani oleh pihak bengkel. Namun, dalam kondisi darurat, sebenarnya pengguna bisa memeriksanya secara mandiri.

Lantas apa saja kemungkinan yang membuat mobil mogok secara tiba-tiba?

Baca juga: Lakukan Cara Ini jika Motor Injeksi Mogok Kehabisan Bensin

Ilustrasi mobil mogokShutterstock Ilustrasi mobil mogok

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, penyebab mesin mobil mogok tiba-tiba ada beberapa jenis, gejalanya bisa dijadikan petunjuk.

“Mogok saat mobil dioperasikan bisa terjadi mati secara langsung, dan ditandai dengan brebet atau putaran mesin tak stabil, keduanya memiliki kemungkinan penyebab berbeda,” ucap Hardi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Hardi, bila mogok terjadi secara langsung, atau mesin mati tanpa adanya brebet terlebih dulu mungkin saja bisa disebabkan oleh rusaknya crankshaft position sensor (CKP).

Baca juga: Benarkah Air Aki yang Basi Bikin Mobil Mogok Setelah Ditinggal Mudik?

Foto udara sejumlah kendaraan terjebak macet di Jalan Tol Tangerang-Merak KM 94, Cilegon, Banten, Minggu (7/4/2024). Berdasarkan hasil rapat koordinasi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan dan sejumlah pemangku kepentingan (stakeholder) Pelabuhan Merak untuk mengurai kemcaten panjang yang disebabkan oleh antrean kendaraan di pelabuhan tersebut maka feri Merak - Bakauheni hanya menurunkan penumpang lalu kembali lagi ke Merak. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga Foto udara sejumlah kendaraan terjebak macet di Jalan Tol Tangerang-Merak KM 94, Cilegon, Banten, Minggu (7/4/2024). Berdasarkan hasil rapat koordinasi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan dan sejumlah pemangku kepentingan (stakeholder) Pelabuhan Merak untuk mengurai kemcaten panjang yang disebabkan oleh antrean kendaraan di pelabuhan tersebut maka feri Merak - Bakauheni hanya menurunkan penumpang lalu kembali lagi ke Merak.

CKP sensor berperan menghitung putaran mesin untuk diinformasikan ke ECU selaku pusat perintah kelistrikan mesin. Sehingga, ketika sensor ini bermasalah maka sistem akan membuat mesin mati secara tiba-tiba.

Biasanya, bila sensor CKP bermasalah mesin akan mati langsung dan begitu distarter kembali mau hidup lagi.

“Itu menandakan telah terjadi hilang sinyal sesaat, sehingga pembacaan waktu pengapian tidak terdeteksi dan menyebabkan mesin mogok tiba-tiba, ini akan mudah dideteksi ketika berada di bengkel karena kami memiliki alat diagnostik yang bisa membaca data,” ucap Hardi.

Baca juga: Arus Balik, 187 Mobil Mogok Manfaatkan SPBU Keliling

Ilustrasi pengecekan mesin mobilADM Ilustrasi pengecekan mesin mobil

Kerusakan sensor CKP menurut Hardi, juga bisa disebabkan internal sensornya, rangkaian kelistrikan putus, atau koneksinya jelek. Ini bisa dibedakan dari kode malfungsi (DTC) bila muncul.

“Tidak mudah memang untuk menganalisis penyebab mesin mogok secara tiba-tiba, jika memang akses ke bengkel mudah kami sarankan datang saja ke bengkel yang kompeten di bidangnya,” ucap Hardi.

Selain itu, mogok juga bisa terjadi disertai dengan gejala brebet terlebih dulu, baru mesin mati.

Baca juga: Jangan Sampai Bikin Macet, Adab Perilaku Saat Mobil Tiba-tiba Mogok

Mesin Daihatsu XeniaADM Mesin Daihatsu Xenia

“Jenis mogok seperti ini bisa disebabkan oleh suplai bahan bakar yang tidak baik, bisa karena ada masalah pada kelistrikan menuju pompa bensin, atau memang kemampuan pompa bensin sudah lemah,” ucap Hardi.

Gejalanya sama persis dengan ketika mobil kehabisan bahan bakar, mesin brebet begitu gas ditambah malah mesin mati menurut Hardi.

"Konsumen bisa mencoba mendengarkan suara pompa bensin sesaat setelah kunci kontak On, bila ada suara dengung artinya pompa masih kerja, areanya ada di bawah jok baris kedua," ucap Hardi.

Baca juga: Solusi Mobil Mogok Disertai Indikator Anak Kunci Menyala


Jadi, penyebab mesin mogok secara tiba-tiba saat mobil dioperasikan bisa disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya sensor CKP dan pompa bensin bermasalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com