Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Mobil Wajib Servis Setelah Dipakai Mudik

Kompas.com - 23/04/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Jadwal perawatan mobil sudah ditetapkan berdasarkan rekomendasi di buku servis atau mengikuti anjuran bengkel yakni tiap 6 bulan sekali.

Namun sebagian orang menganggap meski belum waktunya servis, setelah mobil dipakai mudik wajib servis ke bengkel. Lantas, apakah anggapan tersebut benar?

Rofiq Zunarto, Pemilik Kebat Motors Bintaro mengatakan konsumen perlu memperhatikan kapan jadwalnya servis mobil, jika memang sudah waktunya ya wajib ke bengkel.

Baca juga: Cara Terbaik Hilangkan Bau Apak di Mobil Setelah Mudik

Servis mobil agar menjaga performa tetap primaKebat Motors Servis mobil agar menjaga performa tetap prima

“Saya merekomendasikan perawatan mobil rutin tiap 5.000 Km atau 6 bulan, mana dulu yang tercapai, bila setelah mudik ternyata bertepatan dengan waktunya servis maka tidak ada yang dipertanyakan lagi,” ucap Rofiq kepada Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Justru yang kerap dipertanyakan adalah bila setelah mudik tapi jadwal servis masih jauh. Sementara konsumen biasanya khawatir dengan kondisi mobil setelah dipakai road trip.

“Atas dasar kekhawatiran tersebut, takut bila ada baut yang kendor, kampas rem sudah tipis karena lebih sering dipakai, atau di perjalanan sempat tersangkut di jalan jelek dan sebagainya, saya merekomendasikan perlu pemeriksaan ke bengkel,” ucap Rofiq.

Baca juga: Jangan Diabaikan jika Kena Tilang ETLE Saat Arus Mudik-Balik Lebaran

Rofiq mengatakan daripada mobil bermasalah saat digunakan atau di jalan, maka untuk menghilangkan keraguan tersebut bisa melakukan pemeriksaan atau general check up.

“General check up merupakan pemeriksaan kondisi mobil secara menyeluruh, sehingga mobil dipastikan dalam kondisi sehat, aman digunakan atau konsumen akan mendapatkan beberapa catatan kerusakan,” ucap Rofiq.

Meski waktu servis belum tercapai, Rofiq mengatakan tetap ada potensi penurunan performa lebih dini setelah mobil bekerja lebih keras daripada biasanya. Seperti penyusutan oli, air radiator dan sejenisnya.

Baca juga: Ini Penyebab Terbanyak Kecelakaan selama Mudik Lebaran


“Pemeriksaan ini bertujuan untuk menghindari kerusakan, katakanlah ternyata oli mesin kurang, bila tidak segera ditambah atau diganti kan efeknya bisa merusak mesin, begitu juga air radiator bila kurang bisa memicu overheating,” ucap Rofiq.

Jadi, adanya narasi wajib melakukan servis mobil setelah dipakai mudik sebenarnya bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak terprediksi karena dalam perjalanan jauh segala sesuatu bisa terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com