Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil yang Jarang Dipakai Apakah Tetap Harus Servis Rutin?

Kompas.com - 23/04/2024, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa perawatan mobil perlu dilakukan guna menjaga performa serta keawetan komponen mobil.

Seiring pemakaian pasti akan terjadi penurunan performa maka dari itu mobil dijadwalkan untuk servis ke bengkel tiap 6 bulan sekali.

Namun, bagaimana dengan mobil yang jarang digunakan apakah juga harus servis ke bengkel setiap 6 bulan sekali?

Baca juga: Rajin Servis Mobil, Jangan Ragu buat Dibawa Mudik

Pentingnya perawatan mobil sebelum perjalanan mudikGoogle Maps/Sutarni Pentingnya perawatan mobil sebelum perjalanan mudik

Logikanya ketika mobil tidak digunakan maka filter udara, dan komponen lainnya masih bersih sehingga melakukan servis sama saja hal yang sia-sia.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan sebetulnya secara mekanikal mesin belum perlu melakukan perawatan, paling hanya ganti oli saja.

“Tapi bukan berarti tidak servis tidak masalah, karena mobil tetap membutuhkan pemeriksaan untuk menjaga performa dan keawetan komponen, sekalipun mobil tersebut jarang digunakan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Baca juga: Jangan Salah, Mobil Jarang Digunakan Justru Banyak Penyakitnya

Ilustrasi servis mobil di bengkel Mitsubishi di Depok, yang diresmikan pada Kamis (7/3/2024).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi servis mobil di bengkel Mitsubishi di Depok, yang diresmikan pada Kamis (7/3/2024).

Hardi mengatakan pengecekan terhadap mobil tetap perlu dilakukan karena mobil jarang digunakan bukan berarti sudah tidak mau dipakai lagi sehingga menjaga performa mesin dan bagian lainnya menjadi wajib.

“Baik kinerja elektrikal seperti motor kipas radiator, magnetic clutch AC, lampu-lampu, sistem pengisian aki dan lain sebagainya tetap perlu dilakukan, sehingga ketika hendak digunakan mobil masih dalam kondisi prima,” ucap Hardi.

Selain elektrikal, Hardi juga mengatakan perlu dilakukan pembersihan pada komponen atau bagian yang justru kualitasnya bisa menurun bila mobil jarang digunakan.

Baca juga: Mobil Jarang Digunakan Belum Tentu Bisa Lebih Awet


“Seperti kualitas bensin, justru berpotensi menurun karena bisa jenuh, sehingga pembersihan diperlukan, khususnya di area injektor dan tangki BBM, jika tidak maka ada potensi performa mesin menurun, bahkan mogok,” ucap Hardi.

Hardi juga menyinggung soal komponen rem mobil bisa menurun kondisinya bila jarang dioperasikan mulai dari karat, macet dan sebagainya.

“Rotor disc atau piringan rem bila lama tidak digunakan kan bisa berkarat, belum lagi kampas, pin kaliper yang butuh dilumasi, semuanya perlu di periksa, dan servis mobil meliputi itu semua,” ucap Hardi.

Jadi, bila konsumen tidak bisa melakukan rangkaian servis mobil di atas, maka demi menjaga performa dan keawetan komponen perawatan rutin setiap 6 bulan tetap perlu dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com