Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Motor Boros BBM jika Lama Tidak Ganti Oli?

Kompas.com - 19/04/2024, 11:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selayaknya suku cadang motor pada umumnya, oli mesin harus diganti secara rutin untuk memastikan kelancaran performa dan mencegah munculnya kendala-kendala merepotkan.

Berdasarkan anjuran pabrik, oli mesin biasanya memiliki batas usia pemakaian sekitar 2.000 kilometer. Tergantung intensitas pemakaian dan pola berkendara masing-masing pengguna, angka ini bisa berubah.

Keterlambatan mengganti oli mesin diklaim bisa memunculkan beberapa kendala, salah satunya adalah konsumsi BBM motor jadi sangat boros. Benarkah demikian?

Baca juga: Jaguar-Land Rover Bakal Kerja Sama dengan Chery Kembangkan EV

Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina

Hariyanto, Kepala Bengkel AHASS Ardian BSD Tangerang, membenarkan klaim tersebut. Motor kurang dirawat dan jarang ganti oli memang punya konsumsi BBM jelek.

“Faktanya memang begitu, konsumsi BBM jadi jelek kalau enggak rutin ganti oli. Soalnya kondisi oli sudah rusak, kualitasnya pasti jelas beda,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Rabu (17/4/2024).

Dia mengatakan, borosnya konsumsi BBM diakibatkan oleh oli tidak bisa memberikan pelumasan dan memaksa mesin untuk bekerja lebih keras.

Baca juga: IMI Tertarik Bikin Kejuaran Gokart Elektrik

Ganti oli motor secara mandiri di rumahFlickr/ErFarinder Ganti oli motor secara mandiri di rumah

Menurut Hari, estimasi peningkatan konsumsi BBM motor bisa di angka 10 persen ketika menggunakan oli dengan jarak tempuh di atas 4.000 kilometer.

“Kalau oli enggak langsung diganti bisa bahaya juga, soalnya motor jadi gampang overheat. Kalau keterusan, bisa-bisa malah overhaul (turun mesin),” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com