Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Dipakai Mudik, Jangan Lupa Cuci Mobil

Kompas.com - 16/04/2024, 17:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang melakukan perjalanan ke kampung halaman selama libur Lebaran 2024 menggunakan mobil pribadi, disarankan untuk langsung membersihkannya.

Hal ini sebagai upaya memastikan mobil selalu tampil optimal, khususnya pada bagian eksterior dan komponen seperti karet.

Dikatakan Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi, mencuci mobil bisa dilakukan melalui banyak cara. Paling mudah dilakukan di rumah.

Baca juga: Satu Keluarga Tewas, Benarkah Kebocoran AC Mobil Bisa Sebabkan Kematian?

Ilustrasi mencuci mobilDoc Suzuki Ilustrasi mencuci mobil

“Mencuci mobil sendiri di rumah memiliki manfaat lain seperti perlindungan mobil dari debu yang menimbulkan baret, sampai menjaga pandangan tetap jelas saat berkendara," kata dia kepada Kompas.com belum lama ini.

Agar mencuci secara mandiri bisa dilakukan dengan tepat, Hariadi menjelaskan ada beberapa anjuran yang disarankan. Pertama, lakukanlah pencucian dari bagian terkotor lebih dahulu seperti ban dan pelek.

Pada bagian ini, pemilik mobil dapat menggunakan tire cleaner atau cairan khusus yang memang diperuntukan membersihkan ban dan pelek.

Lalu untuk memudahkan dan memastikan kotoran dapat terangkat, pemilik mobil dapat menggunakan sikat khusus.

"Apabila pemilik mobil menggunakan shampoo mobil, pastikan air dan busa yang telah dipakai untuk ban dan pelek sebaiknya diganti atau tidak dipakai kembali untuk area kaca dan bodi mobil," kata Hariadi.

Baca juga: One Way Semarang-Cikampek Ditutup, Lalu Lintas Kembali Normal

Ilustrasi mencuci mobil, usaha cuci kendaraan. SHUTTERSTOCK/NEJRON PHOTO Ilustrasi mencuci mobil, usaha cuci kendaraan.

Kemudian, basahi seluruh mobil dengan air besih yang mengalir untuk menghilangkan kotoran-kotoran terlebih dahulu sebelum diberi shampoo.

Cara menyemprotkan air yang baik dengan posisi menyamping dan menghindari semprotan langsung ke area yang memiliki lubang terbuka seperti gril atau lubang di bumper, terutama bagi pemilik kendaraan yang menggunakan air bertekanan tinggi.

"Ketika memulai mencuci mobil, pastikan menggunakan air, shampoo dan spons atau kain microfiber yang berbeda dari bekas mencuci ban dan pelek. Setelah itu, mulailah dari bagian paling atas atau yang paling bersih," katanya.

Lakukan hal serupa pada bagian kaca spion dan jendela. Lalu beranjak ke bodi mobil dari depan hingga belakang secara perlahan dengan gerakan atas ke bawah.

Pastikan untuk mencuci lampu mobil yang berada di bagian depan maupun belakang mobil. Hindari penggunaan peralatan mencuci berbahan kasar agar tidak menimbulkan goresan pada bodi mobil.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Hewan Dilarang Naik Bus AKAP

Ilustrasi cuci mobilSIS Ilustrasi cuci mobil

Pemilik dapat memanfaatkan kuas untuk membersihkan bagian yang permukaannya sempit atau memiliki banyak lekukan.

"Busa dari shampoo yang masih menempel di mobil perlu dibilas secara keseluruhan dengan air bersih hingga tidak tersisa," kata Hariadi.

"Untuk menuntaskan cuci mobil di bagian eksterior, pemilik kendaraan dapat mengeringkan bodi mobil dengan kain microfiber yang lembut karena kain ini memiliki daya serap yang baik dan tidak meninggalkan goresan," tambahnya.

Lakukan pengeringan secara sempurna terutama pada bagian yang rentan muncul water spot seperti kaca depan, kaca jendela dan lampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com